Analisis Kondisi Kualitas Air dan Produktivitas Budidaya Keramba Jaring Apung di Waduk Cirata Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat

Iis Jubaedah
Dinno Sudinno
Pigoselpi Anas

Abstract

Penelitian mengenai analisis kondisi kulitas air dan produktivitas budidaya ikan di keramba jaring apung (KJA) telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kualitas perairan Waduk Cirata yang di gunakan untuk budidaya ikan di KJA, mengetahui beban pencemaran perairan, dan mengetahui kapasitas asimilasi perairan di Waduk Cirata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Data primer yang di kumpulkan adalah data kualitas air (kimia, fisika, biologi) dan data produksi guna menghitung produktivitas (jumlah panen / luas areal KJA). Data dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data parameter kualitas air menggunakan analisis berdasarkan baku mutu air, dengan cara membandingkan nilai hasil pengukuran dari masing- masing parameter fisika, kimia dan biologi dengan Peraturan Pemerintah Provinsi Jawa Barat tentang Baku Mutu Air Tawar. Hasil analisis menunjukkan Status Kualitas Perairan Waduk Cirata memiliki nilai indeks pencemaran 14,4311 maka perairan Waduk Cirata tercemar berat, Beban pencemaran dari Parameter H2S, NH3, PO4, NO3, NO2, Hg, Pb, Cu lebih besar dibanding dengan kapasitas asimilasinya sehingga perairan waduk Cirata tercemar oleh parameter tersebut, Parameter kapasitas asimilasi perairan waduk Cirata yang nilainya lebih besar dari nilai beban pencemarannya adalah parameter TSS, BOD dan COD, Sedangkan produksi ikan mengalami penurunan yakni pada tahun 2004 sebanyak 13629 ton dan pada tahu 2011 sebanyak 5441 ton.

Keywords

kualitas perairan; produktivitas; budidaya KJA; Waduk Cirata

Full Text:

PDF

References

BPWC. 2009 . Laporan Hasil Pemantauan Kualitas Air Waduk Cirata

Garno, Y.S.2000. Status dan Strategi Pengendalian Pencemaran Waduk Multiguna Cirata. Prose. Semiloka Nasional : Pengelolaan dan Pemanfaatan Danau dan Waduk. Universitas Pajajaran, Bandung: 7 Nopember 2000. : 126 – 139.

Hardjamulia, A., N. Suhenda, Krismono. 1991. Budidaya Ikan Air Tawar dalam Keramba Jaring Apung Mini. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Jakarta.

Marganof, 2007. Model Pengendalian Pencemaran Perairan di Danau Maninjau Sumatra Barat. IPB. Bogor.

Odum, E.P. 1993. Dasar-Dasar Ekologi Edisi Ketiga. Gajah Mada Universitas Press. Yogyakarta. Ryding, S.O., W. Rush (Editor). 1989. The Control of Eutrophication of Lakes and Reservoirs. The Parthenon Publishing Group. Paris.

Simarmata, A.R. 2007. Kajian Keterkaitan Antara Cadangan Oksigen Dengan Beban Masukan Bahan Organik di Waduk Ir. H.Djuanda Purwakarta, Jawa Barat (Tesis). Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Suhadi, M.F., et.al. 1989. Petunjuk Teknis Budidaya Ikan dalam Karamba Jaring Apung. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.