Analisis Marjin Tata Niaga Ikan Lemadang dan Ikan Terisi di TPI Mina Fajar Sidik, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat

M Harja Supena

Abstract

Dari sekian banyak jenis ikan hasil perikanan tangkap di TPI Mina Fajar Sidik, ternyata Ikan Lemadang dan Terisi termasuk jenis ikan yang hasil tangkapannya cukup banyak. Disamping itu, kedua jenis komoditas inipun mempunyai nilai yang cukup ekonomis. Sehubungan dengan hal tersebut, perlu dikaji fungsi-fungsi tataniaga seperti: fungsi pertukaran (exchanged function), fungsi fisik (fhysical function), dan fungsi penunjang (facilitating function) agar kondisi ikan tersebut sampai kepada konsumen dalam kondisi segar dan harga yang sesuai. Penelitian dilakukan di Tempat Pelelangan IKan (TPI) Mina Fajar Sidik Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat. Ruang lingkup penelitian di fokuskan kepada kedua jenis ikan tersebut yaitu Ikan Lemadang dan Terisi. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Analisis efisiensi tataniaga dilakukan dengan megetahui marjin tataniaga dari kedua jenis ikan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi tataniaga Ikan Lemadang dan Terisi di TPI Mina Fajar Sidik Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tataniaga kedua jenis komoditas ini adalah “tidak efisienâ€.

Keywords

efisiensi tataniaga; ikan lemadang;terisi; marjin tataniaga; TPI Mina Fajar Sidik

Full Text:

PDF

References

Amalo, P. 2005. Analisis Efisiensi Sistem Pemasaran Ikan di Kawasan Pangkalan Pendaratan Ikan Muara Baru, Jakarta.Tesis Program Studi Magister Manajemen Agribisnis Program Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor.

Asri, H. 2000. Analisis Kinerja Sistem Pemasaran dan Lembaga Penunjang Pemasaran Kaitannya dengan Pengembangan Produksi Rumput Laut di Kabupaten Lombok Timur.Tesis Program Studi Magister Manajemen Agribisnis Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Azzaino, 1983. Pengantar Tataniaga Pertanian. Departemen Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Gumilar, S. 2007. Strategi Pengembangan Agribisnis Ikan Hias Air Tawar Dalam Meningkatkan Wilayah Kota Bogor. Tesis Program Studi Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Perdesaan Sekolah Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor.

Hanafiah, A.M. dan A.M. Saefuddin. 1986. Tataniaga Hasil Perikanan. UI Press, Jakarta.Industries. Mc Graw Hill, New York.

Ibniyah, S. 2002. Kajian Terhadap Efisiensi Saluran Tataniaga Ayam Broiler pada PT. Nurasto Agheng. Skripsi Jurusan Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Industri Peternakan. Institut Pertanian Bogor.

Kotler, P. 1995. Manajemen Pemasaran. Analisis, Perencanaan dan Kontrol, Jilid 1. PT. Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, P dan K.L. Keller. 2006. Manajemen Pemasaran (Jilid 1 Edisi 12). Indeks, Jakarta

Kotler.P dan G. Amstrong. 1992. Dasardasar Pemasaran (Jilid I Edisi 5). Intermedia, Jakarta. Koentjoroningrat. 1993. Metode Penelitian Masyarakat. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Nasruddin, W, 1999. Tataniaga Pertanian. Universitas Terbuka, Jakarta. Sudiyono, A. 2002. Pemasaran Pertanian. pada Universitas Muhammadiyah Malang, Malang. Swastha, B. 1999.Pengantar Bisnis Modern. Liberty, Yogyakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.