Analisis Marjin Tata Niaga Ikan Lemadang Dan Ikan Terisi Di Tpi Mina Fajar Sidik, Kec. Blanakan, Kab. Subang, Jawa Barat

M Harja Supena

Abstract

Dari sekian banyak jenis ikan hasil perikanan tangkap, ternyata Ikan Lemadang dan Terisi termasuk jenis ikan yang hasil tangkapannya cukup banyak. Disamping itu, kedua jenis komoditas inipun mempunyai nilai yang cukup ekonomis. Sehubungan dengan hal tersebut, maka diperlukan fungsi-fungsi tataniaga seperti : fungsi pertukaran(exchanged function),fungsi fisik (fhysical function), dan fungsi penunjang (facilitating function) agar kondisi ikan tersebut sampai kepada konsumen dalam kondisi segar dan harga yang sesuai.  Penelitian dilakukan di Tempat Pelelangan IKan (TPI) Mina Fajar Sidik Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat. Ruang lingkup penelitian di fokuskan kepada kedua jenis ikan tersebut yaitu Ikan Lemadang dan Terisi. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Analisis efisiensi tataniaga dilakukan dengan megetahui marjin tataniaga dari kedua jenis ikan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi tataniaga Ikan Lemadang dan Terisi di TPI Mina Fajar Sidik Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tataniaga kedua jenis komoditas ini adalah “tidak efisien”.  Berdasarkan hasil penelitian tersebut, alternative solusi perbaikan terhadap tataniaga Ikan Lemadang dan Terisi adalah perlu dilakukannya pemangkasan terhadap saluran tataniaga Ikan Lemadang maupun Terisi, sehingga tidak terlalu banyak fungsi-fungsi tataniaga yang terjadi pada setiap lembaga tataniaga yang berdampak kepada tingginya harga yang diterima konsumen.

Keywords

efisiensi tataniaga; fungsi tataniaga; ikan lemadang dan terisi; marjin tataniaga; TPI Mina Fajar Sidik

Full Text:

PDF

References

Azzaino, 1983. Pengantar Tataniaga Pertanian. Departemen Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Dahl, D.A. dan J.W. Hammond. 1977, Market and Price Analysis The Agricultural Industries. Mc Graw Hill, New York.

Ibniyah, S. 2002. Kajian Terhadap Efisiensi Saluran Tataniaga Ayam Broiler pada PT. Nurasto Agheng. Skripsi Jurusan Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Industri Peternakan. Institut Pertanian Bogor.

Kohl, R.L. and W. D. Downey. 1972. Marketing of Agricultural Product, Fourth Edition. The Macmillan Company, New York.

Tomek, W.G dan K.L. Robinson. 1977. Agricultural Production and Prices Second Edition. Cornell University Press, Ithaca.

Kotler. P dan G. Amstrong. 1992. Dasar-dasar Pemasaran (Jilid I Edisi 5). Intermedia, Jakarta.

Manulang, M. 1994. Pengantar Ekonomi Perusahaan. Liberty, Yogyakarta.

Nasruddin, W, 1999. Tataniaga Pertanian. Universitas Terbuka, Jakarta.

Saroso Wirohadiharjo. 1964. Pokok-pokok Ilmu Tata Niaga .PT. Pembangunan, Jakarta,.

Sudiyono, A. 2002. Pemasaran Pertanian. Universitas Muham madiyah Malang, Malang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.