Analisis Kepuasan Konsumen Pasar Ikan Hias Muara Kota Bandung

Wulung Setrayudha
Asep Agus Handaka Suryana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen dan variabel-variabel yang paling mempengaruhi kepuasan konsumen pasar ikan hias Muara Kota Bandung. Pengumpulan dan pengolahan data  dilakukan pada bulan Agustus – September 2023, yang berlokasi di  pasar ikan hias  Muara Kota Bandung. Pengambilan sampel menggunakan metode  accidental sampling dengan jumlah 144 orang. Analisis data yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dengan variabel lokasi, pelayanan, atribut, kualitas produk, atribut penunjang, harga dan intensitas pembelian. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa CSI memiliki nilai 73,81%, yaitu yang tergolong puas. Lima variabel yang paling mempengaruhi kepuasan konsumen adalah saran tempat parkir, sarana untuk mendekorasi, perlengkapan perawatan, kemudahan perawatan, dan rabat. Lima variabel yang memiliki pengaruh rendah adalah pelayanan setelah transaksi, tampilan produk, keunikan ikan, kesehatan ikan, dan harga yang ditawarkan penjual.

Keywords

ikan hias; Kota Bandung; tingkat kepuasan

Full Text:

PDF

References

Amaliah, Isnainul, Sitti Fakhriyyah Fakhriyyah, Chasyim Hasani, Sutinah Made, Sri Suro Adhawati, dan Abd Wahid. 2021. “Analisis Kepuasan Konsumen Ikan Hias di Kota Makassar.” in Prosiding Simposium Nasional VIII Kelautan dan Perikanan2. Makassar (ID): Universitas Hasanudin.

Antaranews.com. 2021. “Meski pandemi, volume ekspor ikan hias Bandung naik 7,69 persen.” Diambil 17 Januari 2023 (https://www.antaranews.com/berita/1968156/meski-pandemi-volume-ekspor-ikan-hias-bandung-naik-769-persen).

Asmaida, Asmaida. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Membeli Ikan Hias Perairan Sungai Batanghari di Kota Jambi.” Jurnal MeA (Media Agribisnis) 7(2):89. doi: 10.33087/mea.v7i2.132.

BPS. 2021. “Produksi Perikanan (Ton), 2019-2020.” Diambil 19 Juni 2022 (https://jabar.bps.go.id/indicator/ 160/268/1/produksi-perikanan.html).

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat. 2022. “Produksi Ikan Hias Kota Bandung Pada Tahun 2020.”

Kursunluoglu, Emel. 2014. “Shopping centre customer service: creating customer satisfaction and loyalty.” Marketing Intelligence & Planning 32(4):528–48. doi: 10.1108/MIP-11-2012-0134.

Nababan, Benny Osta. 2018. “Pedoman Pengolahan Service Quality (SQ), Customer Satisfaction Index (CSI), dan Importance Performance Analysis (IPA) dengan Software Microsoft Excel dan SPSS.”

Nababan, Benny Osta, Yesi Dewita Sari, Mujito, Wawan Hari Subagyo, dan Muhlis. 2023. Manajemen Pelayanan Publik dan Bisnis. Yogyakarta (ID): Selat Media.

Nurcahyo, Thiofa Dwi. 2018. “Analisis Komoditas Unggulan Ikan Hias Terhadap Nilai Produksi Perikanan Kabupaten Bogor [Skripsi].” Universitas Brawijaya.

Rahmi, Rosita. 2016. “Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Kualitas Produk, Pelayanan, Harga, Dan Kenyamanan Berbelanja terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Lotte Mart Bekasi Junction.” Jurnal Ilmiah WIDYA Ekonomika 1(2):98–103.

Sari, Sinta Mutia, Mukson, dan Suryani Nurfadillah. 2022. “Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Produk Hortikultura di Pasar Bandungan Pascarelokasi, Kabupaten Semarang.” MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness and Agricultural Economics Journal) 5(1):186. doi: 10.52434/mja.v5i1.1781.

Shokouhyar, Sajjad, Sina Shokoohyar, dan Sepehr Safari. 2020. “Research on the influence of after-sales service quality factors on customer satisfaction.” Journal of Retailing and Consumer Services 56:102139. doi: 10.1016/j.jretconser.2020.102139.

Siraj, Dzaki, dan Fikrah. 2020. “Analisis Pengaruh Luas Lahan Parkir Terhadap Pendapatan Pemilik Usaha Kafe dan Restoran di Kota Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala 5(4):222–33.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung (ID): Alfabeta.

Widodo, Sanusi Mulyo, dan Joko Sutopo. 2018. “Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-commerce Model Business to Customer.” Jurnal Informatika Upgris 4(1). doi: 10.26877/jiu.v4i1.2224.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.