Aksi Penyuluhan Diversifikasi Pengolahan Ikan Untuk Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Kecamatan Batang Kapas

Noor Pitto Sari Nio Lita
Nada Arifah
Lilis Supenti

Abstract

Batang Kapas merupakan kecamatan di wilayah pesisir dengan potensi perikanan yang bergerak di bidang perikanan tangkap dengan komoditas utama hasil tangkapan ikan pelagis yaitu ikan tongkol. Produk ikan tongkol hasil tangkapan di saat berlimpah tidak dapat dimanfaatkan dengan baik disebabkan kurangnya keterampilan masyarakat dalam penanganan dan pengolahan ikan. Kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam menangani permasalahan berlimpahnya ikan melalui diversifikasi produk olahan abon dan bakso ikan tongkol merupakan salah satu strategi yang dilakukan dalam mengatasi masalah yang ada. Fungsi kelompok sebagai wadah kerja sama dan wadah kelas belajar bersama memungkinkan para anggota untuk saling mendukung dan belajar dalam untuk mendukung kegiatan usaha di bidang yang sama. Penelitian dilakukan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan sikap responden terhadap pembentukan kelompok pengolah ikan serta diversifikasi produk olahan abon dan bakso ikan sebagai upaya dalam meningkatkan nilai jual ikan hasil tangkapan. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan evaluasi kegiatan penyuluhan untuk mengukur perubahan pengetahuan dan sikap responden serta uji hedonik untuk mengukur tingkat kesukaan responden terhadap produk abon dan bakso ikan. Hasil penelitian menunjukkan responden mengalami perubahan peningkatan pengetahuan sebesar 19,1% dan perubahan sikap penerimaan terhadap pembentukan kelompok sebesar 29%. Perubahan pengetahuan dan sikap responden terhadap produk olahan abon dan bakso ikan sebesar 24,5% dan 25%, perubahan sikap tingkat penerimaan untuk produk olahan abon dan bakso ikan sebesar 14%. Hasil uji hedonik untuk produk olahan abon rata-rata 7,4 dan bakso ikan 7,5 atau pada kategori “suka”. Kegiatan usaha diversifikasi produk olahan bakso dan abon ikan tongkol dapat meningkatkan pendapatan responden dilihat dari nilai R/C ratio usaha bakso ikan tongkol sebesar 3,6 dan usaha abon ikan tongkol sebesar 5,1.

Keywords

perikanan; kelompok; pengetahuan; pendapatan

Full Text:

PDF

References

Alhanannasir, Alhanannasir, Dasir Dasir, dan Derta Belasanjaya. 2019. “Karakteristik Fisik, Aroma Dan Protein Pempek Lenjer Dengan Metode Frekuensi Pencucian Air Es.” Hal. 135–42 in Prosiding University Research Colloquium.

Dharmawati, IGAA. 2016. “Hubungan tingkat pendidikan, umur, dan masa kerja dengan tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada guru penjaskes sd di Kecamatan Tampak Siring Gianyar.” Jurnal Kesehatan Gigi (Dental Health Journal) 4(1):1–5.

Efendi, Marwan, dan Miranti Yudhati. 2017. “Pengaruh Ekspektasi Laba terhadap Minat Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Angkatan 2013 STIE MBI Jakarta).” Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik 7(2):42–64. doi: 10.33558/akp.v7i2.606.

Handayani, Dyah Ilminingtyas Wahyu, dan Diah Kartikawati. 2015. “Stiklele alternatif diversifikasi olahan lele (Clarias SP) tanpa limbah berkalsium tinggi.” Serat Acitya 4(1):109.

Husaini, Usman. 2006. “Manajemen Teori, praktek dan Riset Pendidikan Yogyakarta.” Bumi Aksara.

Indreswari, R., A. Ratriyanto, dan R. Dewanti. 2014. “Evaluasi penyuluhan pemeliharaan itik lokal jantan berbasis metode inditik terhadap tingkat pengetahuan dan sikap petani di Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar.” Sains Peternakan: Jurnal Penelitian Ilmu Peternakan 12(1):56–60.

Kusumawardani, Erika. 2012. “Pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan, sikap dan praktik ibu dalam pencegahan demam berdarah dengue pada anak [Skripsi].” Universitas Diponegoro.

Marsigit, Wuri. 2010. “Pengembangan diversifikasi produk pangan olahan lokal bengkulu untuk menunjang ketahanan pangan berkelanjutan.” Agritech 30(4).

Masnang, Andi, Reny Andriyanty, Aisyah Hendri, dan Asmanur Djannah. 2019. “Pembinaan Kelompok Tani Untuk Optimalisasi Lahan Sempit Berbasis Konservasi Tanah.” ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 7(1):18–27.

Milo, Mariana Susanti. 2013. “Mutu Ikan Tongkol (Euthynnus affinis C.) di Kabupaten Gunungkidul dan Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.”

Ningsih, Novia, La Nalefo, dan Ima Astuty Wunawarsih. 2019. “Efektivitas Metode Kelompok Terhadap Peningkatan Pengetahuan Wanita Tani dalam Pemanfaatan Lahan Pekarangan di Desa Kalimas Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi.” Jurnal Ilmiah Membangun Desa dan Pertanian 4(2):52–56.

Nizar, Muhamad. 2015. “Analisis Keberlanjutan Usaha Budidaya Rumput Laut Pada Penerima Palet Bantuan Langsung Masyarakat di Kabupaten Muna.” Ilmu Kelautan Universitas Terbuka Jakarta.

Parnawi, Afi. 2019. Psikologi belajar. Deepublish.

Pratiwy, A. E., dan I. Kusumaningrum. 2019. “Pemanfaatan Ekstrak Rempah Serai Cymbopogon citratus Terhadap Kandungan Antioksidan dan Sifat Sensori Produk Dark Chocolate [Utilization of Cymbopogon citratus Lemongrass Extract on Antioxidant Content and Sensory Properties of Dark Chocolate Products].” Jurnal Pertanian 10(2).

Puspitarini, Tri, Winarni Pratjojo, dan Ella Kusumastuti. 2014. “Efektivitas Penggunaan Kulit Jeruk Nipis Sebagai Penghilang Bau Amis Pada Ikan.” Indonesian Journal of Chemical Science 3(2).

Robbins, Stephen P., dan Timothy A. Judge. 2015. “Perilaku organisasi (Organizational behavior 16th edition).” Jakarta: McGraw Hill dan Salemba Empat.

Suci, Yunita Tri, dan Ahmad Syariful Jamil. 2019. “Hubungan Tingkat Kepuasan Pelayanan Dengan Keberhasilan Peserta Pelatihan Teknis Bagi Penyuluh Pertanian.” Jurnal Hexagro 3(2). doi: 10.36423/hexagro.v3i2.279.

Sujianti, Tri, Helmi Haris, dan Fitra Mulia Jaya. 2020. “Pengaruh penambahan sari sereh dapur (Cymbopogon Citratus) terhadap mutu bakso ikan patin (Pangasius Hypothalamus).” Jurnal Pangan Halal 2(1):23–31.

Sundari, Ristina Siti, Andri Kusmayadi, dan Budhi Wahyu Fitriadi. 2021. “Teknologi Pembuatan Abon Ikan Lele Bebas Bau Amis (Penyuluhan dan Implementasi).” JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat) 6(1):546–53.

Suryono, Chondro, Lestari Ningrum, dan Triana Rosalina Dewi. 2018. “Uji kesukaan dan organoleptik terhadap 5 kemasan dan produk Kepulauan Seribu secara deskriptif.” Jurnal Pariwisata 5(2):95–106.

Tulusan, G, M, Fenny. dan Londa, Y, Very. 2014. “Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Program Pemberdayaan Di Desa Lolah Ii Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa.” jurnal LPPM bidang EkoSosBudKum 1(1):92–105.

Utiarahman, Gustiarni, Marsuci Harmain Rita, dan Yusuf Nikawatisusanti. 2013. “Karakteristik Kimia dan Organoleptik Nugget Ikan Layang (Decapterus sp.) yang Disubtitusi dengan Tepung Ubi Jalar Putih (Ipomea batatas L).” Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan 1(3):126–38. doi: 10.37905/.v1i3.1232.

Wardhana, Megandhi Gusti, Filias Tomy Suwarno Putra, dan Rosyid Ridho. 2019. “Karakteristik uji hedonik koya ikan berbahan dasar beberapa limbah kepala ikan sebagai pelengkap makanan.” Jurnal Lemuru 1(1):10–17.

Wonggo, Djuhria, dan Albert Royke Reo. 2018. “Diversifikasi produk olahan ikan di Kelurahan Tongkeina Kecamatan Bunaken Kota Manado.” Media Teknologi Hasil Perikanan 6(3):82–87.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.