Redesain Knalpot Perahu Pakura 13 HP terhadap Tingkat Konsumsi Bahan Bakar
Abstract
Bahan bakar merupakan salah satu elemen penting yang sangat berpengaruh dan menunjang keberhasilan kegiatan penangkapan ikan serta menjadi bahan vital bagi sebuah mesin. Namun penggunaan bahan bakar yang semakin meningkat juga akan berpengaruh pada biaya operasional, khususnya pada nelayan. Dengan adanya pengunaan mesin yang tingkat konsumsi bahan bakarnya boros atau berlebihan, maka biaya operasional akan semakin melambung atau meningkat. Hal ini akan berpengaruh kepada penghasilan atau pendapatan yang diperoleh nelayan. Oleh karena itu, perlu dilakukan kajian terhadap knalpot mesin yang digunakan nelayan, agar dapat membantu menurunkan tingkat konsumsi bahan bakar. Tujuan yang dari penelitian ini adalah menganalisis tingkat konsumsi bahan bakar minyak terhadap redesain kenalpot perahu pakuira 13 HP. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode eksperimental lapangan dengan membandingkan 4 tipe knalpot dengan 5 sekala pengukuran RPM yang berbeda. Lima tingkat RPM tersebut adalah pada RPM 1400, 2150, 2680, 2800, dan 3000. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik parametrik. Hasil yang diperoleh adalah terdapat hubungan dan pengaruh antara RPM dan tingkat konsumsi bahan bakar minyak, dimana semakin tinggi RPM maka tingkat konsumsi bahan bakar akan semakin meningkat dan sebaliknya. Knalpot B merupakan jenis knalpot yang paling baik untuk mengurangi tingkat konsumsi bahan bakar minyak pada tingkat RPM dibawah 2500.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiyanto, Lilik, dan Encis Indah Suryaningsih. 2021. “Pengaruh Putaran Mesin Induk (RPM) Kapal Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Mesin Diesel 31990 KW.” Hal. 120–29 in Prosiding Kemaritiman 2021. Semarang (ID): UNIMAR AMNI Semarang.
Janaprasetya, Reynold Andika, dan Teng Sutrisno. 2014. “Desain Ulang Knalpot Racing 3v3 Guna Meningkatkan Kinerja Mesin Yamaha Rx King.” Mechanova 3.
McGeorge, H. D. 1995. Marine Auxiliary Machinery 7th Edition. Butterworth-Heinemann.
Murdianto, Imam. 2016. “Perbedaan Performa (Daya, Torsi ,Konsumsi Bahan Bakar) Menggunakan Injektor Standart Dan Injektor Racing Dengan Bahan Bakar Pertamax Dan Pertamax Plus Pada Sepeda Motor V-Xion [Skripsi].” Universitas Negeri Semarang.
Murti, Hani Afnita. 2006. “Analisis back pressure pada rongga depan rancangan muffler PSS-X1 dengan metode dekomposisi spektral empat mikrofon.” Universitas Sebelas Maret.
Nugraha, Sigit Prakosa Adhi, Toni Setiawan, dan Bayu Ariwibowo. 2020. “Analisis Pengaruh Pembebanan dan Putaran Mesin Terhadap Torsi dan Daya yang Dihasilkan Mesin Honda GX 200.” Journal of Vocational Education and Automotive Technology 2(2):91–95.
Purnomo, Teguh, Nazarudin Sinaga, dan Nafi Almuzani. 2021. “Studi Kasus Proses Inerting Tanki Muatan Pada Kapal Mt. Gas Walio Dalam Rangka Persiapan Docking.” Dinamika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin 12(2):80. doi: 10.33772/djitm.v12i2.18200.
Safitri, W. R. 2014. “Analisis Korelasi Dalam Menentukan Hubungan Antara Kejadian Demam Berdarah Dengue Dengan Kepadatan Penduduk Di Kota Surabaya Pada Tahun 2012 - 2014.” Jurnal Kesehatan Masyarakat 1(3):1–9.
Satrioajie, Widhya Nugroho, dan Shinta Yuniarta. 2018. “Investasi Dalam Pengelolaan Perikanan: Kajian Rumpon dan Penanganan Ikan Tak Terlapor.”
Sinambela, Sabam Daoni, Suwarno Ariswoyo, dan Henry Rani Sitepu. 2014. “Studi Perbandingan Antara Estimasi M Dengan Type Welsch Dengan Least Trimmed Square Dalam Regresi Robust Untuk Mengatasi Adanya Data Pencilan.” Saintia Matematika 2(3):225–35.
Supriyono, Heru, Sidiq Pamungkas, dan Fatah Yasin Al Irsyadi. 2012. “Pengukur Kecepatan Putaran Motor Penggerak Sepeda Motor Secara Nirkabel Berbasis Rangkaian Digital.” Hal. 30–37 in Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri. Surakarta (ID): Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Syarifudin, Syarifudin. 2016. “Pengaruh Penggunaan Knalpot Standart Dengan Racing Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor Mio Gt Soul Tahun 2012.” Nozzle: Journal Mechanical Engineering 5(1).
Syawaluddin, Syawaluddin, Ery Diniardi, Anwar Ilmar Ramadhan, Hasan Basri, dan Erwin Dermawan. 2016. “Pengujian Desain Muffler untuk Mengurangi Emisi Suara pada Mesin Diesel.” Prosiding Semnastek.
Tumigolung, Stefanny S., Fransisco P. T. Pangalila, dan Frangky E. Kaparang. 2017. “Studi tentang pengaruh perbedaan daya mesin terhadap kecepatan dan konsumsi bahan bakar minyak pada perahu pakura (Study of the effect of engine power difference on speed and fuel consumption of pakura boats).” Jurnal Ilmu Dan Teknologi Perikanan Tangkap 2(5):187–93. doi: 10.35800/jitpt.2.5.2017.15943.
Tumigolung, Stefanny Stevie, Danu Sudrajat, dan Iwan Susanto. 2023. “Redesign of 13 HP Pakura Boat Engine Exhaust to Reduce Noise Levels.” Jurnal Kelautan dan Perikanan Terapan (JKPT) 6(1):41. doi: 10.15578/jkpt.v6i1.12065.
Wolok, Eduart, Alfi Sahri Baruadi, ZC Fachrussyah, dan Stella Junus. 2016. “Karakteristik Desain Perahu Perikanan Katinting Di Provinsi Gorontalo.” Hal. 307 in Prosiding Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan VI Tahun 2016. Malang (ID): Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.