Persepsi Pelaku Usaha Perikanan Terhadap Kinerja Penyuluh Perikanan

Nayu Nurmalia
Ani Leilani
Azam B Zaidy

Abstract

Penelitian mengenai persepsi pelaku usaha terhadap kinerja penyuluh perikanan dilakukan pada bulan April sampai bulan Mei 2011. Lokasi penelitian di 11 provinsi yang tersebar di 13 kabupaten/kota. Jumlah responden sebanyak 89 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pelaku usaha perikanan terhadap kinerja penyuluh perikanan. Hasil penelitian menunjukkan keberadaan penyuluh masih sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha, materi yang dibutuhkan terkait dengan peningkatan produksi usahanya, dan cara yang diinginkan pelaku usaha adalah penyuluh dapat memberi contoh usaha perikanan sesuai kebutuhan pelaku usaha.

Keywords

persepsi; pelaku usaha perikanan; penyuluh perikanan

Full Text:

PDF

References

Anonim. 2006. Undang-undang Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan.

Anonim. 2012. Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor KEP.14/MEN/2012 tentang Pedoman Umum Penumbuhan dan Pengembangan Kelembagaan Pelaku Utama Perikanan.

Huraerah A, Purwanto. 2006. Dinamika Kelompok: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Rafika Aditama. Mardikato T. 1993. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sumarjo. 2008. Penyuluhan Pembangunan Pilar Pendukung Kemajuan dan Kemandirian Masyarakat. Di dalam Yustina I, Sudradjat A, penyunting.. Pemberdayaan Manusia Pembangunan Yang bermartabat. Medan: Pustaka Bangsa Press.

Suryabrata S. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Tjitropranoto P. 2003. Penyuluhan Pertanian: Masa Kini dan Masa Depan. Di dalam Yustina I, Sudradjat A., penyunting. Membentuk Pola Perilaku Manusia Pembangunan. Bogor: IPB Press.

Van Den Ban AW, Hawkins HS. 1999. Penyuluhan Pertanian. Jakarta: Kanisius

Refbacks

  • There are currently no refbacks.