Strategi Pengelolaan Pasar Ikan Modern Sabilulungan

Tri Wulandari - ORCID
Achmad Poernomo
Hari Eko Irianto

Abstract

Pada tahun 2019 Kementerian Kelautan dan Perikanan membangun pasar ikan modern di Kabupaten Bandung yaitu pasar ikan modern Sabilulungan. Pasar ikan modern Sabilulungan yang baru dibangun membutuhkan strategi untuk pengelolaan yang tepat untuk menjamin tercapainya tujuan dan PIM yang mampu bersaing di masa sekarang dan masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi pengelolaan pasar ikan modern Sabilulungan. Metode penelitian menggunakan teknik purposive sampling kemudian dianalisis menggunakan analisis SWOT.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diperlukan adalah aggressive strategy. Alternatif strategi pengelolaan antara lain: (1) menambah fasilitas foodcourt dan menambah produk yang dijual di foodcourt (2) bekerja sama dengan pengelola lokasi wisata dalam mempromosikan PIM Sabilulungan (3) bekerja sama dengan pemerintah untuk mendorong masyarakat dalam meningkatkan konsumsi ikan di PIM Sabilulungan (4) menyediakan SDM khusus untuk melakukan promosi dan menerapkan kegiatan promosi menjadi lebih intensif dan inovatif (5) menambah fasilitas dan meningkatkan kualitas pelayanan (6) mengembangkan sistem belanja online dan meningkatkan kapasitas pedagang untuk bertransaksi secara online (7) bekerja sama dengan pemasok agar pedagang dapat membeli ikan dari pemasok dengan harga yang lebih murah (8) mengadakan diskon dan kegiatan kompetisi berhadiah di PIM. Pasar Ikan Modern Sabilulungan disarankan untuk meninjau ulang strategi yang disesuaikan dengan kondisi terkini, dan memperhatikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan implementasi strategi.

Keywords

analisis SWOT; pasar ikan modern Sabilulungan; strategi pengelolaan

Full Text:

PDF

References

BPS. 2021. “Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin dan Kecamatan (Jiwa), 2017-2019.” Badan Pusat Statistik. Diambil 3 Januari 2021 (https://bandungkab.bps.go.id/indicator/12/33/1/jumlah-penduduk-menurut-jenis-kelamin-dan-kecamatan.html).

Djunaidah, Iin Siti. 2017. “Tingkat Konsumsi Ikan di Indonesia: Ironi di Negeri Bahari.” Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan 11(1):12–24. doi: 10.33378/jppik.v11i1.82.

Dritasto, Achadiat, dan Annisa Ayu Anggraeni. 2013. “Analisis Dampak Ekonomi Wisata Bahari Terhadap Pendapatan Masyarakat Di Pulau Tidung.” Reka Loka xx(x):1–8.

Fatimah, Fajar Nur’aini Dwi. 2016. Teknik analisis SWOT : pedoman menyusun strategi yang efektif & efisien serta cara mengelola kekuatan & ancaman. diedit oleh L. Nurti. Yogyakarta (ID): Quadrant.

Fernando, Made Fajar, dan Ni Made Asti Aksari. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto Di Kota Denpasar.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 7(1):441. doi: 10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i01.p17.

Harahap, Dedy Ansari. 2015. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak Usu (Pajus) Medan.” Jurnal Keuangan dan Bisnis 7(3):227–42.

Neisia, Tembesi Citra, Johny A. F. Kalangi, dan Olivia Walangitan. 2018. “Pengaruh Harga Terhadap Penjualan Produk Motor Yamaha Mio Pada PT. Hasjrat Abadi Outlet Karombasan Manado.” Jurnal Administrasi Bisnis 6(3):35–43. doi: 10.35797/jab.v6.i003.%25p.

Pane, Dewi Nurmasari, Miftah EL Fikri, dan Husni Muharram Ritonga. 2018. “Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Sidempuan Medan.” Jurnal Manajemen Tools 9(1):1–11.

Putri, Cinthya Elika. 2017. “Analisis Strategi Bisnis Pada PT. Omega Internusa Sidoarjo.” Agora 5(1):1–8.

Putri, Rami Syah, dan Indra Safri. 2015. “Pengaruh Promosi Penjualan Dalam Meningkatkan Penjualan Mobil Mitsubishi Pada PT. Pekan Perkasa Berlian Motor Pekanbaru.” Jurnal Valuta 1(2):298–321.

Ruslan, Rosady. 2006. Metode Penelitian, Public Relations dan Komunikasi. Jakarta (ID): RajaGrafindo Persada.

Sofyan, Indra Lutfi, Ari Pradhanawati, dan Hari Susanta Nugraha. 2013. “Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas, Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening pada Star Clean Car Wash Semarang.” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 2(2):1–12. doi: 10.14710/jiab.2013.2505.

Wicaksono, Arie. 2018. “Strategi Pemasaran dengan menggunakan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri Pada PT X Di Jakarta.” Jurnal Manajemen Industri dan Logistik 1(2):192–201. doi: 10.30988/jmil.v1i2.19.

Widiyanto, Ibnu, dan Sri Lestari Prasilowati. 2015. “Perilaku Pembelian Melalui Internet.” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship) 17(2):109–12. doi: 10.9744/jmk.17.2.109-122.

Widria, Yefni. 2019. “Pemindangan, teknik pengolahan ikan yang memiliki potensi meningkatkan konsumsi ikan nasional.” Diambil 15 Maret 2021 (https://kkp.go.id/djpdspkp/bbp2hp/artikel/11443-pemindangan-teknik-pengolahan-ikan-yang-memiliki-potensi-meningkatkan-konsumsi-ikan-nasional).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.