Resiko Investasi dalam Usaha Pendederan Ikan Patin (Pangasius hypothalamus) pada Akuarium di Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor

Paidi Paidi
Aan Hermawan

Abstract

Kegiatan pendederan ikan patin menjadi salah satu usaha tersendiri pada budidaya perikanan. Suatu usaha mengandung resiko, salah satunya adalah resiko investasi. Setiap investasi yang dilakukan mengandung resiko atau ketidakpastian hasil. Penanam modalpun tidak tahu dengan pasti hasil yang akan diperolehnya dari investasi yang telah dilakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterkaitan resiko investasi dengan pendapatan yang diperoleh oleh pelaku usaha. Variabel pada penelitian ini adalah faktor internal perusahaan terdiri dari harga dan jumlah produksi. Tahapan prosedur penelitian dimulai dari pengadaan sarana prasarana produksi yang dilakukan pada tiga periode. Hasil penelitian pada tiga periode diperoleh Hasil pada periode pertama dan periode kedua tidak memperoleh keuntungan akan tetapi kegiatan masih dapat dilanjutkan pada periode ketiga. Tinggi rendahnya biaya investasi yang digunakan, tetap dapat memberikan ketidakpastian pada hasil yang diperoleh. Penyebab kejadian tersebut karena lebih dipengaruhi oleh faktor-faktor ketidakpastian, yaitu faktor teknis seperti . investasi, resio, pendapatan.

Keywords

agribisnis; BEP; payback periode; biaya produksi.

Full Text:

PDF

References

Andriyanto, Septyan, Evi Tahapari, dan Irsyaphiani Insan. 2012. “Pendederan Ikan Patin di Kolam Outdoor untuk Menghasilkan Benih Siap Tebar di Waduk Malahayu, Brebes, Jawa Tengah.†Media Akuakultur 7(1):20.

Ariyanto, Didik, Evi Tahapari, dan Sularto Sularto. 2012. “Keragaan Benih Ikan Patin Siam (Pangasianodon hypophthalmus) yang Ditebar Secara Langsung di Kolam pada Umur Berbeda.†Jurnal Riset Akuakultur 7(2):159.

Budiardi, Tatag, Febrina Rolin, dan Yani Hadiroseyani. 2014. “Evaluasi usaha pendederan ikan patin di Desa Sukamandijaya , Subang.†Jurnal Akuakultur Indonesia 13(2):152–62.

Diatin, Iis dan Ganang Arytra Dwirosyadha. 2009. “Analisis Finansial Penggunaan Lampu Petromak Sebagai Pemanas Pada Budidaya Pembenihan Ikan Patin.†J Bijak dan Riset Sosek KP 4(2):217–25.

Effendi, I., Widanarni, dan D. Augustine. 2003. “Perkembangan Enzim Pencernaan Larva Ikan Patin Pangasius hypophthalmus sp.†Jurnal Akuakultur Indonesia 2(1):13–20.

Fitrony, Fachri Ayudi, Fitri Marisa, dan Indra Darma Wijaya. 2019. “istem Pendukung Keputusan Rekomendasi Budidaya Ikan Air Tawar Menggunakan Metode Topsis Dan Analisis Keuangan Payback Periode.†Jurnal SPIRIT 11(1):30–38.

Hikmayani, Yayan, Sonny Koeshendrajana, Abdul Wahid, dan Zahri Nasution. 2003. “Aspek Sosial Ekonomi dan Kelembagaan Sistem Usaha Perikanan (SUP) Budidaya Ikan Patin di Propinsi Jawa Barat.†Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia 9(6):11–22.

Islam, Md. Ariful, Md. Jasim Uddin, Helal Uddin, dan Md. Shahjahan. 2018. “Effects of Temperature on Growth and Hematological Parameters in Thai pangas, Pangasianodon hypophthalmus.†Hal. Md. Ariful Islam in Conference: International Conference on Challenges for Future Agriculture arranged by Progresive Agriculturists, At Bangladesh Agricultural University, Mymensingh.

Kusuma, Parama Tirta Wulandari Wening dan Nur Kartika Indah Mayasti. 2014. “Analisa Kelayakan Finansial Pengembangan Usaha Produksi Komoditas Lokal: Mie Berbasis Jagung.†agriTECH 34(2):194–202.

Lubis, Pardamen ; Zulam, S. B. 2016. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Investasi Di Indonesia.†2(2):147–66.

Manik, Harry Setiyadi Ginting. 2013. “Analisis Risiko Produksi Benih Ikan Patin Siam (Pangasius hypopthalmus) pada Elminari Fish Culture (Efc) Di Desa Kampung Kondang Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Jawa Barat.†IPB Bogor.

Marpaung, Andreas H., Syammaun Usman, dan Indra Lesmana. 2017. “Pengaruh Padat Tebar Terhadap Laju Pertumbuhan Ikan Patin ( Pangasius pangasius ).†AQUACOASTMARINE 5(2):112–26.

Nahdi, Zed, Hendy Hendro, Hadi Supriyo, dan Budi Gunawan. 2013. “Pemetaan Dan Inventarisasi Data Komoditas Pertanian Dan Informasi Kondisi Lahan Di Kabupaten Kudus Berbasis Sistim Informasi Geografis.†Jurnal Sains dan Teknologi 6(1):33–38.

Normansyah, Dodi, Siti Rochaeni, dan Armaeni Dwi Humaerah. 2014. “Analisis Pendapatan Usahatani Sayuran Di Kelompok Tani Jaya, Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor.†Agribusiness Journal 8(1):29–44.

Patang, Nurmila, dan Muh. Ilham A. Wahab. 2019. “Modifikasi Aerasi terhadap Peningkatan Oksigen Terlarut yang Mempengaruhi Tingkat Pertumbuhan dan Sintasan pada Ikan Nila (Oreochrobis Niloticus) Modification.†Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian 5(2):65–72.

Rahim, Abd, Suprapti Supardi, dan Diah Retno Dwi Hastuti. 2012. Model Analisis Ekonomika Pertanian. Makassar (ID): Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Rangkuti, Mahbub Jalil, Iin Siti Aminah, dan Khusnul Khotimah. 2017. “Pemberian Beberapa Jenis Pakan Dengan Frekuensi Yang Berbeda Pada Benih Ikan Patin Siam (Pangasius hypophthalmus).†Fisheries 6(1):17–23.

Rifani, Akhmad. 2015. “Analisis Kelayakan Finansial Usaha Peternakan Ayam Pedaging di Sentra Produksi Ayam Kabupaten Lampung Tengah (Studi Kasus di Sentra Produksi Ayam Kecamatan Kalirejo).â€

Sazmi, Ramon Musikal, Dwi Haryono, dan Ani Suryani. 2018. “Analisis Pendapatan Dan Efisiensi Pemasaran Ikan Patin Di Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah.†JIIA 6(2):133–41.

Sugandi, Wahyu Kristian, Handarto Handarto, Totok Herwanto, dan Chandra Irfan Hanif. 2019. “Uji Kinerja dan Analisis Ekonomi Mesin Penanam Padi (Studi Kasus Desa Mekarluyu, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Jawa Barat).†Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem.

Sumartin. 2018. “Analisis Efisiensi Faktor-Faktor Produksi Usaha Budidaya Ikan Patin ( Pangisius pangasius ) ( Studi Kasus Pada Alumni Peserta Pelatihan Budidaya Ikan Di BPPP Banyuwangi ) Analysis Efficiency of Production Factors of Business Aquaculture of Catfish ( Pangi.†Intek Akuakultur 2(1):16–34.

Sunarma, A. D. E. 2007. “Panduan Singkat Teknik Pembenihan Ikan Patin ( Pangasius hypophthalmus ).â€

Sundah, Djamaludin, Arrazi Bin Hasan Jan, dan Jacky S. B. Sumarauw. 2019. “Analisis Saluran Distribusi Ikan Mujair Desa Matungkas Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara.†Jurnal EMBA 7(1):251–60.

Tibrani. 2015. “Analisis Sistem Pemasaran Ikan Patin Segar Desa Koto Mesjid Ke Daerah Tujuan Pemasaran.†Jurnal Dinamika Pertanian 30(3):273–82.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.