Kajian Ekonomi Penggunaan Additive Pada Pakan Ikan dalam Usaha Pembesaran Ikan Mas

Asep Ahmad Subagio

Abstract

Pelaksaaan kajian ekonomi penggunaan makanan addittive dalam usaha pembesaran ikan mas dilakukan di Waduk Cirata, Cianjur dari bulan Juni sampai dengan Agustus 2009. Kajian ini bertujuan untuk menhitung kelayakan usaha pembesaran ikan mas setelah mengalami perubahan teknologi dengan menambah additive pada makanan pelet yang diberikan pada ikan yang dipelihara dalam kantong jaring apung. Pengakajian ini dilakukan menggunakan rancangan kajian sederhana. Perlakuan yang dilaksanakan pada pengakjian ini adalah menambah makanan additive pada pakan/pelet. Dosis additive yang ditambahkan yaitu 5 cc/kg pelet. Selama pengkajian dilakukan sampling sebanyak 5 kali dengan penggunaan sample sebanyak 5 kg, dimana setiap kilogramnya dihitung jumlah biomasanya dan ditimbang berta per ekornya. Sampling dilakukan untuk mengetahui laju pertumbuhan ikan yang selanjutnya dihubungkan dengan tingkat efesiensi pakan yang terserap oleh ikan. Analisa ekonomi yang dilakukan meliputiR/C ratio dan B/C ratio yaitu untuk mengetahui kelayakan usaha pembesaran ikan mas dalam KJA dengan perubahan teknologi berupa penambahan additive pada makanan. Selama pengkajian diukur laju pertumbuhan ikan dengan hasil menunjukan bahwa ikan-ikan yang mendapat perlakuan penambahan additive mengalami pertumbuhan yang lebih cepat dengan perbedaan angka laju pertumbuhan mencapai rata-rata sebesar 53 gram. Selanjutnya dari sisi analisa R/C ratio dan B/C ratio menunjukan angka yang lebih baik yaitu 1,3 dan 5,3 yang berarti bahwa perubahan teknologi penggunaan additive layak dijadikan sebagai metoda budidaya pembesaran ikan mas yang layak untuk usaha.

Keywords

additive; ikan mas; KJA

Full Text:

PDF

References

Agus Rochdianto. 1991. Budidaya Ikan di Jaring Terapung. PT. Penebar Swadaya, anggota IKAPI, Jakarta.

Nuraini I, dkk. 2005. Manajemen Agribisnis. Sekolah Tinggi Penyuluhan Perikanan, Bogor.

Teguh Trimulyantoro. 1987. Pedoman Budidaya Ikan Skala Kecil di dalam Waduk. Direktorat Jendral Perikanan bekerjasama dengan

International Development Research Center, Jakarta.

Umar Husein. 2000. Studi Kelayakan Bisnis Manajemen, Metoda dan Kasus. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Zulkifli Jangkaru. 1996. Pembesaran Ikan Air Tawar di berbagai lingkungan pemeliharaan PT. Penebar Swadaya, anggota IKAPI Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.