Panduan Penulisan Artikel

Redaksi Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan (JPPiK) menerima tulisan dari dosen, peneliti, penyuluh dan pemerhati masalah perikanan dan kelautan.

1.   Ruang Lingkup

  1. Isi jurnal memuat hasil penelitian dan hasil kajian pustaka serta review atau topik yang ditetapkan oleh redaksi.
  2. Materi meliputi bidang perikanan dan kelautan yang terdiri dari penyuluhan, sosial, ekonomi, teknologi penangkapan, teknologi budidaya, teknologi pengolahan, konservasi dan keanekaragaman hayati, ekowisata perairan dan produksi garam. Definisi ikan dalam hal ini mengikuti definisi pada Undang-undang No. 31 Tahun 2004 jo No. 45 Tahun 2009.

2.   Penyiapan Naskah

  1. Naskah diketik sesuai dengan template naskah Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan
  2. Bentuk naskah diketik dengan ukuran kertas A4 berbatas pinggir 3 cm untuk tepi kiri, kanan, atas dan bawah; dengan bentuk huruf Arial 11.
  3. Panjang naskah antara 10-15 halaman maksimum 5000 kata termasuk gambar dan tabel.
  4. Naskah disusun dalam urutan sebagai berikut: judul, nama penulis, nama & alamat instansi penulis, email koresponden, abstrak, kata kunci (keywords), pendahuluan, bahan dan metode, hasil dan pembahasan, simpulan dan saran, persantunan, daftar pustaka.

Judul

Judul harus singkat, informatif dan tidak lebih dari 15 kata Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris

Nama Penulis

Nama penulis ditulis tanpa gelar, bila penulis berasal lebih dari satu instansi maka nama penulis diberi simbol angka berurutan.

Nama dan alamat instansi penulis

Nama dan alamat instansi penulis dituliskan lengkap dan bila lebih dari satu instansi, maka instansi kedua dan seterusnya dituliskan lengkap secara berurutan sesuai urutan penulis.

Abstrak

Abstrak dituliskan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris masing- masing tidak lebih dari 250 kata. Abstrak meliputi latar belakang, tujuan, metode dan hasil.

Kata kunci (Keywords)

Ditulis berdasarkan abjad dan tidak lebih dari tujuh kata. Kata kunci harus mencerminkan konsep penting dalam abstrak. Setiap kata kunci dipisahkan menggunakan karakter titik koma (;).

Email koresponden

Penulis yang berperan sebagai penulis korepondensi dituliskan nama dan alamat emailnya

Pendahuluan

Pendahuluan meliputi latar belakang dan tujuan serta referensi yang mendukung.

Bahan dan metode

Bahan dan metode meliputi bahan-bahan yang digunakan serta metode yang dilengkapi dengan analisis/rumus

Hasil dan pembahasan

Hasil dan pembahasan ditulis terpisah masing-masing sub bab hasil dan sub bab pembahasan. Tabel dan gambar hasil penelitian/kajian ditulis dalam sub bab hasil. Tabel hendaknya diberi judul yang jelas disertai catatan bawah secukupnya berikut sumbernya. Ilustrasi gambar  atau foto harus tercetak jelas supaya dapat direproduksi, disertai catatan bila hak cipta gambar atau foto bukan milik penulis.

Tabel ditampilkan dalam bentuk format tabel dalam word atau excel dalam bentuk gambar (JPG, JPEG, PNG, GIF). Gambar kecuali grafik ditampilkan dalam bentuk JPG berwarna dan proporsional dengan aslinya. Grafik ditampilkan dalam format hitam putih, setiap bagian dibedakan dengan arsiran garis atau titik.

Simpulan dan saran

Simpulan disajikan secara singkat, padat dan jelas dengan mempertimbangkan tujuan dan hasil. Saran dicantumkan apabila perlu.

Persantunan

Persantunan adalah ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung terselenggaranya penelitian/kajian.

Daftar pustaka

Daftar pustaka adalah daftar acuan yang dikutip dalam naskah yang merupakan terbitan 10 tahun terakhir dan > 40 % bersumber dari pustaka primer/jurnal. Jumlah pustaka minimal yang dikutip 15 pustaka.

Pustaka harus disusun menurut abjad sesuai dengan nama penulis dan urutan waktu. Pengutipan dan penulisan daftar pustaka menggunakan gaya American Sosiological Assosiation, menggunakan aplikasi refference manager Mendeley.

3.   Tata Cara Pengiriman Naskah

  1. Naskah yang dikirim harus asli dan belum pernah dipublikasikan di media cetak lain.
  2. Penulis diwajibkan membuat surat pernyataan bahwa penulis dan seluruh anggota setuju memasukan naskah pada Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan (JPPiK) serta mengirimkan ke redaksi jurnal.
  3. Naskah dikirimkan dalam bentuk MS word secara online atau melalui email ke: redaksi@jppik.id


Bagikan