Hubungan Kepemimpinan Ketua Kelompok dengan Keefektifan Kelompok

Nayu Nurmalia
Tuti Susilawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kepemimpinan ketua kelompok perikanan di Kecamatan Kebonpedes Kabupaten Sukabumi, mengidentifikasi keefektifan kelompok perikanan di Kecamatan Kebon Kabupaten Sukabumi, dan mengidentifikasi hubungan antara kepemimpinan ketua kelompok dengan keefektifan kelompok perikanan di Kecamatan Kebonpedes Kabupaten Sukabumi. Penelitian yang digunakan adalah yang bersifat deskriptif. Sampel responden sebanyak 8 kelompok, dari setiap kelompok masing-masing dipilih responden 5 orang (anggota dan pengurus). Analisis yang digunakan untuk menguji hubungan antara kepemimpinan ketua kelompok perikanan dengan efektivitas kelompok dilakukan dengan uji korelasi Rank Spearman. Hasil analisis menunjukkan bahwa karakteristik individu dan karakteristik sosial PPS secara parsial berhubungan nyata dengan efektivitas kelompok.

Keywords

efektifitas; hubungan; kelompok perikanan; kepemimpinan; ketua

Full Text:

PDF

References

Anonimus. 2012. Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor KEP.14/MEN/ 2012 tentang Pedoman umum penumbuhan dan pengembangan kelembagaan pelaku utama perikanan. 33 hlm.

Mardikanto T. 1993. Penyuluhan pembangunan pertanian. Sebelas Maret University Press. Surakarta. x + 401 hlm.

Marzuki S. 1999. Pembinaan kelompok. Universitas Terbuka. Depdikbud. Jakarta. ii + 371 hlm + 7 hlm

Munir, B. 2001. Dinamika Kelompok, Penerapannya dalam Laboratorium Ilmu Perilaku. Penerbit Universitas Sriwijaya. Jakarta

Rivai V. 2003. Kepemimpinan dan perilaku organisasi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Saefullah B, Dedy, M Firdaus, Nanang HS, Wisno C, dan Yandi N. 2003. Modul pelatihan organisasi berbasis masyarakat. Institute for Civil Society (INCIS). Jakarta. viii + 116 hlm.

Setiawan IG. 2003. Kelompok, organisasi dan kepemimpinan (suatu kumpulan perkuliahan PPN, 617). Penerbit Tirta Kencana. Bogor. viii + 102 hlm.

Slamet M. 1978. Beberapa catatan tentang pengembangan sesuatu organisasi kumpulan bahan bacaan penyuluhan pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Slamet M. 2003. Paradigma baru penyuluhan pertanian di era otonomi daerah. Di dalam Yustina I, Sudradjat A., penyunting. Membentuk Pola Perilaku Manusia Pembangunan. Bogor: IPB Press.

Wahyusumidjo. 1992. Kepemimpinan dan Motivasi. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Van Den Ban AW, Hawkins HS. 1999. Penyuluhan Pertanian. Penerbit Kanisius. Yogyakarta. 364 hlm

Refbacks

  • There are currently no refbacks.