Kajian Kualitas Perairan Untuk Budidaya Udang di Kabupaten Subang

Iis Jubaedah
Dinno Sudinno
Pigoselpi Anas

Abstract

Kajian kualitas perairan pesisir di Kabupaten Subang bertujuan untuk mengetahui kualitas perairan di Kawasan Pesisir Subang dan kelayakannya untuk kegiatan budidaya udang serta mengetahui perkembangan produksi udang dikaitkan dengan kualitas air. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Data yang digunakan untuk kajian kualitas perairan mencakup data primer dan data sekunder . Proses analisa data yang dilakukan meliputi analisa kualitas air, analisa status mutu air, analisa indeks diversitas plankton, dan menduga produksi udang. Hasil kajian menunjukkan, nilai indeks pencemaran 2,2491 artinya wilayah pesisir Kabupaten Subang termasuk tercemar ringan, namun masih layak digunakan sebagai sumber air untuk kegiatan budidaya ikan di tambak. Dari estimasi perhitungan potensi perikanan didapatkan laju perikanan potensial rata-rata sekitar 0,13333 ton/ha/tahun. Dengan luas tambak seluas 14.300 ha maka diperkirakan potensi produksi udang Kabupaten Subang sebesar 1906,6 ton/tahun.

Keywords

kualitas air; budidaya udang; Kabupaten Subang

Full Text:

PDF

References

Dahuri, R. 2001. Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. 328 hal

Handayani, S, dan Patria M.P. 2005. Komunitas Zooplankton di Perairan Waduk Krenceng Cilegon ,Banten. Makara Sains, Vol. 9 No. 2. November 2005: 75 – 80.

Marganof, 2007. Model Pengendalian Pencemaran Perairan di Danau Maninjau Sumatra Barat. IPB. Bogor.

Nontji, A. (1984), Biomassa dan Produktivitas Fitoplankton di Perairan Teluk Jakarta Serta Kaitannya dengan Faktorfaktor Lingkungan. Disertasi.Fakultas Pascasarjanan. Institut Pertanian Bogor

Nybakken, J. W. (1992), Biologi Laut: Suatu Pendekatan Ekologis. Diterjemahkan oleh H. M. Eidman, Koesoebiono, D. G. Bengen, M. Hutomo dan S. Subarjo. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Poole, R.W. 1974. An Introduction to Quantitative Ecology. Mc. Graw Hill Kogakusha, Ltd. Tokyo. 325 Pages

PKSPL, 2002. Kajian Kegiatan Tambak Dalam Hubungannya Dengan Kegiatan Migas dan Lingkungan Hidup di Delta Mahakam. PKSPL – IPB. Bogor.

PPLH.2007. Kajian Lingkungan Hidup Wilayah Pantai Utara Pulau Jawa..

Rachman Syah . dkk. 2006. Pendugaan Nutrient Budget Tambak Intensif Udang Litopenaeus Vannamei. Jurnal Riset Akuakultur Vol. 1, No.2 : 181- 202.

Sapto, A. 2008 Studi Sedimen Melayang dan Dampaknya terhadap Produktivitas Perikanan (Studi Kasus Muara Sungai Porong). ITS. Surabaya.

Soegianto, A. 2004. Metode Pendugaan Pencemaran Perairan Dengan Indikator Biologis. Airlangga University Press. Surabaya.

Widigdo, B. 2001. Perencanaan dan Pengelolaan Budidaya Perairan Wilayah Pesisir. PKSPL IPB. Bogor

Refbacks

  • There are currently no refbacks.