Penyuluhan Perikanan pada Masa Pandemi COVID-19, Studi Kasus di UPT BRPPUPP Palembang

Hendy Dwi Setiawan - ORCID
Sukma Budi Prasetyati

Abstract

Kinerja penyuluh perikanan terdampak pandemi COVID-19, baik langsung maupun tidak langsung. Dampak tersebut terlihat terutama pada hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat kontak fisik dan pengumpulan massa dalam jumlah banyak. Kondisi pandemi COVID-19 ini masih belum dapat diprediksi hingga kapan berakhirnya. Fungsi penyuluh sebagai katalisator bagi upaya pembangunan perekonomian khususnya pelaku utama perikanan maka penyuluh perikanan harus memiliki strategi yang adaptif dalam pelaksanaan tugasnya selama pandemi COVID-19. Salah satu strategi tersebut adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini berkembang sangat pesat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kondisi dan karakteristik pelaksanaan penyuluhan perikanan dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara optimal pada masa pandemi COVID-19. Desain penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kualitatif sebab informasi yang terkumpul nantinya dianalisis secara kualitatif. Metode pengumpulan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik quota sampling. Narasumber yang menjadi sampel dalam pelaksanaan survei adalah penyuluh perikanan yang berjumlah 140 orang. Penyuluh perikanan masih tetap beraktivitas menjalankan tugas pada masa pandemi dengan protokol kesehatan yang ketat, walaupun dengan intensitas yang relatif menurun sejak awal pandemi hingga sekarang. Karakteristik penyuluh perikanan dalam melaksanakan tugas masih bervariasi; sebagian masih bekerja dengan bertatap muka langsung secara fisik; dan sebagian sudah menerapkan Work from Home (WFH). Data penelitian menunjukkan kondisi penyuluh yang pernah mengalami gejala mirip pasien COVID-19 sebanyak 25,71 persen dan terkonfirmasi reaktif atau positif terpapar infeksi virus COVID-19 sebanyak 24,29 persen. Strategi dan metode penyuluhan perikanan dilakukan secara luring dan daring dengan protokol kesehatan yang ketat dan penggunaan beragam produk teknologi komunikasi.

Keywords

adaptasi kebiasaan baru; penyuluhan; teknologi informasi dan komunikasi

Full Text:

PDF

References

Choeronawati, Anggih Isti, dan Nur Rochman. 2021. “Strategi Penyuluhan Kelautan dan Perikanan Dalam Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Purworejo.†Abdi Insani 7(3):247–55.

Mardikanto, Totok. 2011. Metoda penelitian dan evaluasi pemberdayaan masyarakat : untuk akademisi, praktisi dam peminat pemberdayaan masyarakat. Surakarta (ID): Program Pascasarjana UNS.

Mauludin, Mochamad Subchan. 2015. “SMS Gateway sebagai Media Publikasi Murah.†Media Elektrika 8(2).

Nurhayati. 2019. “Efektifitas Penggunaan Media Sosial (Whatsapp) dalam Penyampaian Pesan Dakwah terhadap Kalangan Remaja di Desa Seritanjung [Skripsi].†Universitas Muhammadiyah Palembang.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 38 tahun. 2013. tentang Kebijakan dan Strategi Penyuluhan Perikanan.

Praditya, Didit. 2016. “Pemberdayaan Petani Oleh Komunitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).†Jurnal Penelitian Komunikasi 19(1):41–54.

Praherdhiono, Henry, Eka Pramono Adi, Yulias Prihatmoko, Nunung Nindigraha, Yerry Soepriyanto, Henny Indreswari, dan Herlina Ike Oktaviani. 2020. Implementasi Pembelajaran Di Era Dan Pasca Pandemi Covid-19. Malang (ID): Seribu Bintang.

Prayoga, Kadhung. 2017. “Pemanfaatan Media Sosial dalam Penyuluhan Pertanian dan Perikanan di Indonesia.†Agriekonomika 6(1).

Purwatiningsih, Nanik Anggoro, Anna Fatchiya, dan Retno Sri Hartati Mulyandari. 2018. “Pemanfaatan Internet dalam Meningkatkan Kinerja Penyuluh Pertanian di Kabupaten Cianjur.†Jurnal Penyuluhan 14(1).

Ratnadila, Nila Sylvi, Andin H. Taryoto, dan Ani Leilani. 2019. “Pemanfaatan Media Teknologi Informasi dalam Penyelenggaraan Penyuluhan Perikanan (Kasus Penyuluh Perikanan Kabupaten Tabanan Provinsi Bali).†Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan 13(2):189–204.

Rustanto, Bambang. 2015. Penelitian Kualitatif Pekerjaan Sosial. Bandung (ID): Remaja Rosdakarya.

Shen, Jin, Hongyang Duan, Baoying Zhang, Jiaqi Wang, John S. Ji, Jiao Wang, Lijun Pan, Xianliang Wang, Kangfeng Zhao, Bo Ying, Song Tang, Jian Zhang, Chen Liang, Huihui Sun, Yuebin Lv, Yan Li, Tao Li, Li Li, Hang Liu, Liubo Zhang, Lin Wang, dan Xiaoming Shi. 2020. “Prevention and control of COVID-19 in public transportation: Experience from China.†Environmental Pollution 266:115291.

Suadnya, I. Wayan, Agus Purbathin Hadi, dan Eka Putri Paramita. 2021. “Strategi Komunikasi dan Kinerja Penyuluh Pertanian Dimasa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Lombok Tengah.†in Prosiding Saintek. Mataram (ID): Universitas Mataram.

Sutarna, Nana, Arrofa Acesta, Nika Cahyati, Sendi Fauzi Giwangsa, Dedi Iskandar, dan Harmawati Harmawati. 2021. “Dampak Pembelajaran Daring terhadap Siswa usia 5-8 tahun.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1):288–97.

Taryoto, Andin H. 2019. “Reformasi Kegiatan Penyuluhan : Perlukah ….? Pendekatan Pembangunan dan Pengelolaan Sumber Daya Pertanian.†Diambil (https://www.academia.edu/40474789/PENYULUHAN_MASA_DEPAN-MAKALAH_AHT).

Undang-undang Nomor 16 Tahun. 2006. tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan.

Wibowo, Agung. 2020. “Masalah dan Tantangan Penyuluhan Pertanian di Era Pandemi Covid-19 : Review.†in Prosiding Seminar Nasional Fakultas Pertanian UNS. Surakarta (ID): Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.

World Health Organization. 2020. “Pertimbangan langkah-langkah kesehatan masyarakat dan sosial di tempat kerja dalam konteks COVID-19.†Diambil (https://www.who.int/docs/default-source/searo/indonesia/covid19/who---pertimbangan-langkah-langkah-kesehatan-masyarakat-dan-sosial-di-tempat-kerja-dalam-konteks-covid-19.pdf?sfvrsn=b8a19986_2).