Kinerja Produktivitas Usaha Perikanan dan Sistem Penyuluhan Perikanan di Kecamatan Sungai Menang, Provinsi Sumatera Selatan

Wahyu Firmansyah
Yenni Nuraini
Dwi Lambang Setyo Aji

Abstract

Kecamatan Sungai Menang merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi perikanan yang mumpuni baik dibidang usaha penangkapan, budidaya, serta pengolahan perikanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kinerja produktivitas perikanan dan sistem penyuluhan perikanan di Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan yang dilaksanakan pada 21 November 2020 sampai dengan 20 Januari 2021. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode Participatory Rural Appraisal (PRA) melalui pengisian borang dan kuesioner. Sasaran pada penelitian ini berjumlah 23 orang yang terdiri dari 12 orang pembudidaya, 6 orang pengolah, dan 5 orang nelayan. Hasil penelitian menunjukkan jumlah produktivitas rata-rata dibidang usaha budidaya perikanan yang meliputi usaha pembesaran udang vannamei, udang windu dan ikan bandeng sebanyak 1.007 kg/siklus, pada bidang perikanan tangkap dengan komoditas hasil tangkapan berupa rajungan dan udang jerbung sebanyak 264,2 kg/bulan, dan bidang usaha pengolahan perikanan berupa olahan terasi dan ikan asin sebanyak 260 kg/bulan. Berdasarkan hasil identifikasi kinerja produktivitas dan sistem penyuluhan perikanan, terdapat beberapa permasalahan pada aspek teknis maupun sosial yang diantaranya adalah keterbatasan modal dan infrastruktur, serta pengetahuan pelaku utama dalam penerapan SOP yang sesuai dengan bidang usahanya, sedangkan permasalahan pada sistem penyuluhan yaitu belum intensifnya kegiatan pendampingan terhadap kelompok/pelaku utama yang menyebabkan kegiatan penyuluhan belum berjalan dengan optimal.

Keywords

kinerja produktivitas; sistem penyuluhan perikanan; usaha perikanan

Full Text:

PDF

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Ogan Komering Ilir. 2020. Kecamatan Sungai Menang Dalam Angka 2020. Kayu Agung: CV. Sultan Bumi Raya.

Batubara, Helmina. 2013. “Penentuan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Full Costing Pada Pembuatan Etalase Kaca Dan Alumunium Di Ud. Istana Alumunium Manado.†Jurnal EMBA 1(3):217–24.

Burhansyah, Rusli. 2014. “Faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi inovasi pertanian pada gapoktan puap dan non puap di Kalimantan Barat (Studi Kasus: Kabupaten Pontianak dan Landak).†Informatika Pertanian 23(1):65–74.

Fauzi, Syafril, Budhi Hascaryo Iskandar, Bambang Murdiyanto, dan Eko Sri Wiyono. 2017. “Kelayakan Finansial Usaha Perikanan Tangkap di Selat Bali.†Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan 2(1):37–46.

Firdaus, Muhammad. 2008. Manajemen Agribisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanan, Abdul, Walson H. Sinaga, dan Nayu Nurmalia. 2012. “Hubungan Karakteristik Pelaku Utama Perikanan dengan Kebutuhan Materi Penyuluhan Perikanan (Studi Kasus di Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah.†Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan 6(1):1–11.

Harahap, Susi Susilawati. 2019. “Hubungan Usia, Tingkat Pendidikan, Kemampuan Bekerja dan Masa Bekerja Terhadap Kinerja Pegawai dengan Menggunakan Metode Pearson Correlation.†Teknovasi 6(2):12–26.

Indrastuti, Nindya Atika, Nur Wulandari, dan Nurheni Sri Palupi. 2019. “Profil Pengolahan Ikan Asin di Wilayah Pengolahan Hasil Perikanan Tradisional (PHPT) Muara Angke.†Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia 22(2):218–28.

Judhaswati, Ratna Dewi, dan Herna Octivia Damayanti. 2018. “Kelayakan Usaha Pengolahan Limbah Kulit Udang dan Rajungan (Studi di Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi Provinsi Jawa Timur).†CAKRAWALA 12(2):118–36.

Marbun, Desy Natasha V.D., Sriroso Satmoko, dan Siwi Gayatri. 2019. “Peran Penyuluh Pertanian dalam Pengembangan Kelompok Tani Tanaman Hortikultura di Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli.†Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis 3(3):537–46.

Murachman, Nuhfil Hanani, Soemarno dan Sahri Muhammad. 2010. “Model Polikultur Udang Windu (Penaeus monodon Fab), Ikan Bandeng (Chanos-chanos Forskal) dan Rumput Laut (Gracillaria sp.) Secara Tradisional.†Jurnal Pembangunan dan Alam Lestari 1(1):1–10.

Nuitja, I. Njoman Sumerta. 2010. Manajemen Sumber Daya Perikanan. Bogor (ID): IPB Press.

Nurdiani, Nina. 2014. “Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan.†ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications 5(2):1110.

Nurhayati, A. 2013. “Analisis Potensi Lestari Perikanan Tangkap di Kawasan Pangandaran.†Jurnal Akuatika Indonesia 4(2):244074.

Nurpajri, Yeni, Ganjar Wiryati, dan Ade Sunaryo. 2019. “Identifikasi Potensi Perikanan di Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat.†Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan 13(1):29–41.

Ratna W, Asmarataka, Harianto, Suharno, Andriyono K., Lukman Adhi, M. Baga, dan Maryono. 2013. “Kajian Subsistem Penunjang Agribisnis Karet di Jambi.†Hal. 177–94 in Prosiding Seminar Penelitian Unggulan Departemen Agribisnis, diedit oleh D. Rachmina, R. Nurmalina, R. Winandi, N. Kusnadi, Burhanuddin, dan A. Fariyanti. Bogor: Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Setiawan, Wahyu, Atikah Nurhayati, Titin Herawati, dan Asep Agus Handaka. 2018. “Kelayakan Usaha Penangkapan Ikan Menggunakan Jaring Insang (Gill Net) di Waduk Jatigede Kabupaten Sumedang.†PAPALELE: Jurnal Penelitian Sosial Ekonomi Perikanan dan Kelautan 2(1):8–14.

Sukmaningrum, Adisti, dan Ali Imron. 2017. “Memanfaatkan Usia Produktif dengan Usaha Kreatif Industri Pembuatan Kaos pada Remaja di Gresik.†Paradigma 5(3).

Supriatna, Asep. 2014. “Relevansi Metode Participatory Rural Appraisal Dalam Mendukung Implementasi Undang-Undang Pemerintahan Desa.†Jurnal Lingkar Widyaiswara 1(1):39–45.

Undang-undang Nomor 16 Tahun. 2006. tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan.

Wijayanto, Dian, dan Faik Kurohman. 2018. “Karakteristik Usaha Perikanan Tangkap Mini Purse Seine yang Berpangkalan di PPI Karanganyar Kabupaten Rembang.†Jurnal Perikanan Tangkap 2(1):1–5.

Windi, Uray, Nur Istiqamah, dan Muslimah. 2021. “Identifikasi Potensi Perikanan Air Tawar Di Desa Perigi Landu Kecamatan Sejangkung Kabupaten Sambas.†NEKTON: Jurnal Perikanan dan Ilmu Kelautan 1(1):36–43.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.