Manajemen Usaha Pengolahan Ikan Pindang Di Poklahsar Pindang Panjul Segara Kabupaten Tabanan Provinsi Bali

Diah Ayu Meriana Sari
Yenni Nuraini ORCID

Abstract

Ikan adalah salah satu bahan pangan yang baik untuk dikonsumsi, namun komoditas ini bersifat mudah rusak, sehingga diperlukan tindakan penanganan yang cepat, tepat, dan benar setelah panen. Pengolahan ikan pindang dilakukan dengan perebusan dan penggaraman di dalam suatu wadah selama jangka waktu tertentu. Penelitian dilakukan untuk mengetahui sistem bisnis usaha dan teknologi pengolahan ikan pindang di Poklahsar Pindang Panjul Segara. Poklahsar Pindang Panjul Segara adalah salah satu kelompok pengolah dan pemasar yang berlokasi di Desa Sudimara Kecamatan Tabanan Kabupaten Tabanan Provinsi Bali. Penelitian dilakukan selama 30 hari mulai dari tanggal 12 September 2020 sampai dengan 11 Oktober 2020 dengan sasaran tiga responden dari anggota kelompok. Analisis data dilakukan dengan metode analisis data kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis secara deskriptif. Analisis data meliputi aspek sistem bisnis pengolahan ikan pindang dan analisis usaha yang meliputi komponen pendapatan, keuntungan, dan analisis kelayakan usaha R/C ratio, PP, ROI, dan BEP. Usaha pengolahan ikan pindang dilakukan mulai dari penyediaan pasokan input, proses produksi, pasca produksi hingga pemasaran. Ketersediaan bahan baku, modal dan tenaga kerja serta penyediaan sarana dan prasarana telah terpenuhi sehingga kegiatan terlaksana dengan baik. Proses produksi dilakukan melalui proses yang cukup baik sehingga menghasilkan produk ikan pindang yang layak dikonsumsi. Analisis usaha menunjukkan usaha pengolahan ikan pindang layak untuk dilanjutkan.

Keywords

ikan pindang; manajemen usaha; pengolahan

Full Text:

PDF

References

Asnidar dan Asrida. 2017. “Analisis Kelayakan Usaha Home Industry Kerupuk Opak di Desa Paloh Meunasah Dayah Kecamatan Muara Satu Kabupaten Aceh Utara.” Pertanian 1:39–47.

Assadad, Luthfi dan Bagus Sediadi Bandol Utomo. 2011. “Pemanfaatan Garam Dalam Industri Pengolahan Produk Perikanan.” Squalen Bulletin of Marine and Fisheries Postharvest and Biotechnology 6(1):26.

Damayanti, Herna Octivia. 2016. “Kelayakan Usaha Industri Ikan Pindang Skala Rumah Tangga di Kabupaten Pati.” Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK 12(1):22–31.

Fauzi, Syafril, Budhi Hascaryo Iskandar, Bambang Murdiyanto, dan Eko Sri Wiyono. 2011. “Kelayakan Finansial Usaha Perikanan Tangkap di Selat Bali.” Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan 2(1):37–46.

Judhaswati, Ratna Dewi dan Herna Octivia Damayanti. 2018. “Kelayakan Usaha Pengolahan Limbah Kulit Udang dan Rajungan (Studi di Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi Provinsi Jawa Timur).” CAKRAWALA 12(2):118–36.

Karmini. 2018. Ekonomi Produksi Pertanian. Samarinda (ID): Mulawarman University Press.

Morrisan, M. A. 2015. Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta (ID): Kencana.

Pudjanarso, Amien. 2015. “Analisis Impas sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Manajemen dalam Penentuan Luas Poduksi Minimal pada Industri Pemindangan Ikan Laut di Dusun Payangan Watu-Ulo Jember.” RELASI Jurnal Ekonomi 11(1):67–86.

Sari, Santi Novita, Tatty Yuniarti, dan Syarif Syamsuddin. 2019. “Identifikasi Potensi Perikanan di Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat.” Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan 13(1):77–91.

Setiawan, Wahyu, Atikah Nurhayati, Titin Herawati, dan Asep Agus Handaka. 2018. “Kelayakan Usaha Penangkapan Ikan Menggunakan Jaring Insang (Gill Net) di Waduk Jatigede Kabupaten Sumedang.” PAPALELE: Jurnal Penelitian Sosial Ekonomi Perikanan dan Kelautan 2(1):8–14.

Tim BSE. 2017. Pengolahan Hasil Perikanan Tradisional. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kemendikbud.

Wijayanto, Dian dan Faik Kurohman. 2018. “Karakteristik Usaha Perikanan Tangkap Mini Purse Seine yang Berpangkalan di PPI Karanganyar Kabupaten Rembang.” Jurnal Perikanan Tangkap: Indonesian Journal of Capture Fisheries 2(1):1–5.

Zain, Habieb Noor, Imam Triarso, dan Trisnani Dwi Hapsari. 2016. “Analisis Kelayakan Finansial USAha Perikanan Tangkap Jaring Insang Permukaan (Surface Gill Net) di Pangkalan Pendaratan Ikan (Ppi) Banyutowo Kabupaten Pati.” Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology 5(1):162–69.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.