Difusi Adopsi Teknologi Pendederan Ikan Patin pada Kelompok Pembudidaya Ikan di Kabupaten Purwakarta

Abdul Hanan

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis kecepatan penerapkan probiotik (Bakteri Lactobacillus) sebagai suatu inovasi pada pendeder ikan patin ditinjau dari aspek atribut inovasi dan atribut adopster. Difusi inovasi terkait dengan factor sugesti (pengaruh/kepercayaan), identifikasi (penelaahan) serta faktor imitasi (peniruan), dan ciri-ciri dari inovasi yang disampaikan, serta gencarnya promosi dari inovasi tersebut. Hasil kaji terap sebagai atribut inovasi pH 7,84 dan DO 5,61, panjang ikan 7,81 cm, dengan berat 3,90, dengan SR 99,8%, sedangkan tanpa probiotik panjang 5,17 cm dengan berat 1,16 gr, dengan SR 75%. Sedangkan atribut pengadopsi ingkat peniruan oleh sasaran pada minggu ke 9 sejak diperkenalkan inovasi terdapat 10 orang, pada tarap kepercayaan 0,05 berkorelasi dengan pengalaman usaha (0,399*) dan keinovatifan sasaran (0,395*) pada tarap nyata 0,05. Faktor pendifusi berkotrelasi dengan kredibiltas (0,367*) serta daya tarik (0,389*)

Keywords

adopsi; difusi; Inovasi

Full Text:

PDF

References

Donaldson L & EE Scanel. 1992. Human re-source development: teew trainer’s guide. San Juan: Addison- Wesley Publishing Co. Inc.

Kerlinger FN. 2002. Asas -asas penelitian behavioral. Diterjemah kan oleh R. Simatupang. Yogyakarta: Gajah mada Univer sity Press.

Laksana F. 2008. Manajemen pemasaran (pendekatan praktis). Graha Ilmu. Yogjakarta.

Lionberger HF & PH Gwin. 1982. Communi-cation strategies: a guide for agri-cultural change agents, danville, illiois: The Interstate Printers & Publishers, Inc.

Nuraeni I. 2002.Diktat manajemen agribisnis. STP Bogor

Rahardi F. 2008. Agribisnis perikanan. Pe-nebar Swadaya. Jakarta.

Runtuwarow V. 2002. Hubungan karakteristik personal dan komunikasi ke-lompok tani ikan dengan penerapan budidaya ikan mas sistem jaring apung di Danau Todano Minahasa, Sulawesi Utara†Tesis Program Pasca- sarjana, IPB.

Rogers EM, & FF Shoemaker. 1987. Me-masyarakatkan ide-Ide baru. Di-sarikan oleh Abdillah hanafi. Sura-baya: Usaha Nasional.

Van den Ban & HS Hawkins, 1998. Penyuluhan pertanian. Agnes D Herdiastuti, penerjemah. Terjemah an dari Agricuktural Extention (Second Edition). Kanasius Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.