Efektivitas Penggunaan Media Penyuluhan (Kasus pada Kelompok Ranca Kembang Desa Luhur Jaya Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak Provinsi Banten)

Ani Leilani
Nayu Nurmalia
Muh Patekkai

Abstract

Media penyuluhan merupakan salah satu unsur yang terpenting dalam kegiatan penyuluhan. Penggunaan media massa contohnya, yang harus dipertimbangkan dalam penggunaannya adalah peranannya dalam program penyuluhan, penggunaannya secara efektif. Yang penting adalah efek yang diharapkan, dan cara menggunakannya untuk menjamin agar arti pesan menjadi sejelas mungkin. Pilihan terhadap media massa yang digunakan, dan perbedaan antara media massa dan komunikasi anatar pribadi. Penggunaan media menjadi sangat penting dalam rangka adopsi inovasi oleh pelaku utama perikanan. Dari proses adopsi inovasi dan media yang digunakan juga bisa memperlihatkan tingkat efektifitas masing-masing media. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat efektifitas penggunaan media penyuluhan pada kelompok pembudidayaikan Ranca Kembang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2014 yang berlokasi penelitian di Desa Luhur Jaya Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak Provinsi Banten dengan jumlah sample sebanyak 30 orang. Data kemudian dianalisis dengan uji Koefisien Korelasi Pearson. Faktor internal berhubungan dengan faktor eksternal pembudidaya ikan tingkat pendidikan, tingkat kekosmopolitan dan tingkat keinovatifan. Sedangkan faktor eksternal pembudidaya yang berhubungan dengan faktor internal adalah materi penyuluhan, kemasan penyuluhan dan penyajian penyuluhan. Faktor internal pembudidaya ikan (umur, pendidikan, tingkat kebutuhan, tingkat kekosmolitan dan tingkat keinovatifan) tidak menunjukkan hubungan dengan penggunaan media penyuluhan baik berupa media cetak maupun media tertayang. Faktor Eksternal yang mempunyai hubungan sangat erat dengan penggunaan media penyuluhan yaitu untuk materi berhubungan erat dengan penggunaan media brosur dan film. Faktor eksternal kemasan media berhubungan dengan penggunaan media peta singkap. Sedangkan faktor eksternal penyajian media penyuluhan berhubungan erat dengan penggunaan media penyuluhan berupa leaflet, peta singkap dan majalah.

Keywords

media penyuluhan; adopsi inovasi; kelompok; pelaku utama

Full Text:

PDF

References

Anonimous. Undang-Undang No. 16 tahun 2006. Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan

Anonimous. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aaparatur Negara Nomor PER/19/M.PAN/10/2008 Tentang Jabatan fungsional penyuluh perikanan dan angka kreditnya.

Anthy, K. 2002. Hubungan antara Jaringan Komunikasi dengan Sikap Petani terhadap SUTPA/Sistem Usaha Tani Berbasis Padi Berorientasi Agribisnis (Kasus 2 Kelompok Tani pada Sebuah Desa di Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat). Tesis. Institut Pertanian Bogor

Chianu, J.N. dan H.Tsujii. 2005. "Determinats of Farmers' Decesion to Adopt or Not Adopt Inorganic Fertilizer in The Savannas of Nothern Nigeria." Nutrient Cycling in Agroecosystems 70:293-301.

De Vito, Joseph A. 2001. Human Communication: The Basic Course. Harper Collins College Publishers.

Ellyta. 2006. Analisis Jaringan Komunikasi Petani dalam Pemasaran Lidah Buaya. Tesis. Institut Pertanian Bogor.

Fachry ME, Amalia Permatasari. 2011. Analisis Efektifitas Metode Penyuluhan pada Masyarakat Pesisir di Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan. Jurnal Agribisnis Vo. X (3) September 2011. Universitas Hasanuddin Makassar.

Kposowa, J.F. 1996. "Factors Influencing farmers in Adopting Soil Fertilization Practices:A Study of Vegetable Farmers in Prince George's County, Maryland." Unpublished PhD, University of Maryland College, United State

Liou, Jaeik. 2004. "Community Capacity Building to Strengthen Socio-Economic Development with Spatial Asset Mapping." 3 rd FIG Regional Conference, Jakarta, Indonesia, October 3-7, 2004.

Littlejohn, Stephen, W. 2001. Theories of Human Communication 7ed. Belmont, California Wards Worth Publishing Co.

Mardikanto T. 2009. Sistem Penyuluhan Pertanian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Milen, Anneli. 2001. "What Do We Know about Capacity Building. An Overview of Existing Knowladge and Good Practice ", Geneva

Sigel S. 1956. Nonparametric Statistics for Behavioral Sciences. Tokyo: Mc.Graw Hill-Kogakusha. Ltd

Singarimbun, M. dan Effendi, S. Editor. 1989. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan, dan Penerangan Ekonomi dan Sosial.

Sopiana. 2002. Hubungan Karakteristik Petani dan Jaringan Komunikasi dengan Perilaku Usahatani Tebu. Tesis. Institut Pertanian Bogor.

Van Den Ban AW, Hawkins HS. 1999. Penyuluhan Pertanian. Yogyakarta: Kanisius.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.