Faktor-Faktor yang Memengaruhi Partisipasi Anggota Kelompok dan Dampaknya terhadap Perkembangan Usaha Perikanan

Nayu Nurmalia
Azam Bachur Zaidy
. Kamsiah
Panggih Dwi Purnomo

Abstract

Keaktifan kelompok sangat dipengaruhi partisipasi anggota kelompok, namun sering terjadi partisipasi anggota kelompok angat rendah. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi anggota kelompok dan dampaknya terhadap perkembangan usaha perikanan. Parameter yang diukur meliputi kelompok sebagai wadah memecahkan masalah (X1), bantuan pemerintah (X2), konstribusi pendapatan rumah tangga (X3), kehadiran penyuluh (X4), tingkat kehadiran anggota pada pertemuan kelompok (Y) dan perkembangan usaha (Z). Jumlah responden pelaku usaha perikanan sebanyak 60 orang dari 7 provinsi dan 10 kabupaten/kota. Analisis data dengan SPSS versi 22 dan analisis jalur (pathway analysis). Hasil penelitian X1, X2 dan X3 berpengaruh nyata terhadap Y, sedangkan X4 tidak berpengaruh terhadap Y. Kemudian X2 dan X4 berpengaruh nyata terhadap Z, sedangkan X1, X3 dan Y tidak berpengaruh terhadap Z. X1 dan X2 melalui Y berpengaruh terhadap Z, sedangkan X3 dan X4 melalui Y tidak berpengaruh terhadap Z. Data hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi yang bermakna kepada berbagai pihak dalam pengembangan kelompok usaha perikanan.

Keywords

kelompok perikanan; partisipasi; perkembangan usaha

References

Anjany, Sekar Ayu, Kadhung Prayoga, dan Agus Subhan Prasetyo. 2022. “Pengaruh Kohesivitas, Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Keaktifan Anggota Kelompok Tani Gondang Lestari” Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis 8(2):1048–71.

Ankesa, Helnafri Ankesa, Siti Amanah, dan Pang S. Asngari. 2016. “Partisipasi Kelompok Perempuan Peduli Lingkungan dalam Penanganan Sampah di Sub DAS Cikapundung Jawa Barat.” Jurnal Penyuluhan 12(2):105–13.

Damanik, Inta PN. 2013. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Dinamika Kelompok dan Hubungannya dengan Kelas Kemampuan Kelompok Tani di Desa Pulokencana Kabupaten Serang.” Jurnal Penyuluhan 9(1). doi: 10.25015/penyuluhan.v9i1.9856.

Erwandi, Remainas. 2016. “Tingkat Keaktifan Anggota Kelompoktani Di Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara.” Agrica Ekstensia 10(2):45–54.

Hermawan, Aan, Siti Amanah, dan Anna Fatchiya. 2017. “Partisipasi Pembudidaya Ikan dalam Kelompok Usaha Akuakultur di Kabupaten Tasikmalaya.” Jurnal Penyuluhan 13(1):1. doi: 10.25015/penyuluhan.v13i1.12903.

Kurniawan, Wijang Angga, dan Tinjung Mary Prihtanti. 2018. “Jenjang partisipasi dan determinan partisipasi petani dalam introduksi budidaya padi organik di Desa Pulutan, Kota Salatiga.” Jurnal Penyuluhan 14(2).

Mentang, Merry Ema, Welson Marthen Wangke, dan Benny Adrian Berthy Sagay. 2020. “Partisipasi Anggota Dalam kegiatan Kelompok Tani Masawangan di Kelurahan Tara-tara Dua Kecamatan Tomohon Barat.” Agri-Sosioekonomi 16(2):169-â.

Miftahuddin, Ahmad, Dewangga Nikmatullah, dan Kordiyana K. Rangga. 2020. “Hubungan Tingkat Partisipasi Anggota Kelompok Tani Dengan Dinamika Kelompok Tani Serta Peningkatan Produksi Padi Di Desa Cintamulya Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan.” Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis 7(2):219–24.

Mufidah, Nurul, Joko Winarno, dan Agung Wibowo. n.d. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Anggota Kelompok Tani Dewi Ratih II dalam Program Gerakan Tani Bangkit di Desa Gempol Kabupaten Klaten.”

Nopitasari, Eka, Suherman Suherman, dan Gugun Gunawan. 2017. “Hubungan Peran Penyuluh Pertanian Lapang Dengan Tingkat Partisipasi Anggota Kelompok Dalam Industri Pengolahan Pangan Lokal.” Jurnal Agribisnis Terpadu 10(1):64–75.

Rianti, Siti Yaumah, Jajat Sudrajat Sudrajat, dan Imelda Imelda Imelda. 2019. “HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN DALAM KELOMPOK TANI DAN MANFAAT YANG DIPEROLEH PETANI (Studi Kasus: Desa Rasau Jaya Dua, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya).” Jurnal Sains Pertanian Equator 9(1).

Sandyatma, Yudhi Harsatriadi. 2012. “Partisipasi anggota kelompok tani dalam menunjang efektivitas gapoktan pada kegiatan penguatan lembaga distribusi pangan masyarakat di Kabupaten Bogor.” Jurnal Kawistara 2(3).

Sekar Inten, M., dan Dewi Elviana CCW. 2017. “Peranan Penyuluh Pertanian Dalam Peningkatan Pendapatan Petani Komoditas Padi Di Kecamatan Tanjungselor Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara.” Agrifor: Jurnal Ilmu Pertanian dan Kehutanan 16(1):103–8.

Untari, Fita Dwi, Dwi Sadono, dan Lukman Effendy. 2022. “Partisipasi Anggota Kelompok Tani dalam Pengembangan Usahatani Hortikultura di Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur.” Jurnal Penyuluhan 18(01):87–104.

Wahyuni, Riska Putri, Rahmad Pulung Sudibyo, dan Nur Ocvanny Amir. 2021. “Faktor-Faktor yang Berperan terhadap Tingkat Partisipasi Petani dalam Budidaya Tanaman Organik di Kecamatan Junrejo Kota Batu.” Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis 5(2):544–60.

Yani, Diarsi Eka, Pepi Rospina Pertiwi, dan Argadatta Sigit. 2013. “Partisipasi Anggota Kelompok Tani dalam Menganalisis Data Keadaan pada Usaha Tani Sayuran (Kelompok Tani Sayuran di Desa Margamekar, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung).” Jurnal Matematika Sains dan Teknologi 14(1):62–72.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.