Persepsi dan Tingkat Kepuasan Taruna Terhadap Pelayanan Perpustakaan (Studi Kasus di STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor)

Abdul Hanan
Nayu Nurmalia

Abstract

Dalam pemanfaatan pelayanan Perpustakaan diperoleh data bahwa taruna berkunjung ke perpustakaan kurang dari rata-rata 2 kali dalam sebulan sebanyak 27,8%, berkunjung sebanyak 3 sampai 4 kali per bulan sebanyak 45,8% dan yang berkunjung lebih dari 5 kali sebanyak 26,4%. Hasil analisis tingkat Indek Kepuasan Taruna (IKP) terhadap 14 unsur pelayanan di unit Perpustakaan. Hasil analisis terhadap 14 unsur pelayanan perpustakaan terhadap taruna sebagai pengguna bahwa hanya satu unsur yang meperoleh indek kepuasaan dengan katagori sangat baik, 2 unsur pelayanan indek kepuasasan dengan katagori kurang baik, dan 11 unsur indek kepusan pada katagori baik. Untuk mengetahui mutu pelayanan dan kinerja unit perpustakaan maka dilakukan analisis dengan rumus Un x 0,0071 dalam hal ini Un adalah nilai rata-rata per unsur pelayanan, dan 0,071 adalah nilai bobot rata-rata tertimbang. Hasil analisis memperlihatkan bahwa nilai kepuasan tertinggi diperoleh pada unsur 5 (U5) yaitu tanggung jawab petugas pelayanan, sedangkan nilai kepuasan pelayanan yang paling rendah pada unsur 10 (U10) yaitu kelengkapan buku yang dibutuhkan.

Keywords

persepsi; pelayanan; indek kepuasan

Full Text:

PDF

References

Anonimous, 2012. Modul Diklat Pelayanan Publik. Pusdiklat SPIMNAS Bidang Manajemen dan Kebijakan Pembangunan. Lembaga Administrasi Negara.

Anonimous, 2012. Peraturan Menteri Pemberdayaan Apartur Negara Dan Reformasi Biriokasi No. 36 tahun 2012. Petunjuk Teknis Penyusunan, penetapan, dan Penerapan Standar Pelayanan.

Kemen PAN dan RB RI 2012. Jansen H. Sinamo, 2004. Etos Kerja Profesional di Era Digital Global. Penerbit Institut Darma Mahardika. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.