Identifikasi Potensi Perikanan dan Penyuluhan Perikanan di Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat

Yenni Nuraini
Annisa Ayumi
Tuti Susilawati
Saeroji Saeroji

Abstract

Potensi perikanan yang cukup besar di Kecamatan Sindangwangi perlu dimanfaatkan agar terjamin keberlanjutannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi perikanan sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya penunjang dan sistem penyuluhan perikanan di Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 2 November 2022 sampai 16 Desember 2022. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei yang bersifat deskriptif. Analisis data yang dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif melalui editing, coding, dan tabulating. Hasil dari kegiatan ini yaitu pemanfaatan lahan Kecamatan Sindangwangi untuk kegiatan perikanan yaitu 21 hektar, terdapat komoditas unggulan ikan baung (Bagrus nemurus) yang dapat dikembangkan dan perlu dikenal oleh masyarakat luas untuk dapat dijadikan ciri khas dari wilayah Kecamatan Sindangwangi. Terdapat 34.767 jiwa penduduk, tercatat 414 jiwa penduduk yang melakukan kegiatan usaha perikanan mulai dari budidaya perikanan hingga pengolahan hasil perikanan dengan sarana dan prasarana penunjang kegiatan perikanan yang cukup memadai dan didukung langsung oleh pemerintah Kecamatan Sindangwangi dan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Majalengka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah potensi sumber daya alam yang melimpah belum dimanfaatkan dengan optimal, hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai cara memanfaatkan sumber daya perikanan yang ada.

Keywords

sumber daya alam; sumber daya manusia; sumber daya penunjang

Full Text:

PDF

References

Arum, Yuniar Tri Gesela. 2019. “Hipertensi pada penduduk usia produktif (15-64 tahun).” HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development) 3(3):345–56.

Azra, Alya Tsuroyya. 2019. “Analisis Pengaruh Modal Usaha, Lama Usaha, Dan Jenis Usaha Terhadap Laba Usaha Mustahik (Studi pada UMKM Binaan BAZNAS Kota Malang).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 7(2).

Azuwandri, Azuwandri. 2021. “The Empowerment Strategy On Fishermen Community In Pondok Kelapa Village, Pondok Kelapa Subdistrict,Bengkulu Tengah District, Bengkulu Province.” Jurnal Fokus Manajemen 1(1).

Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Sindangwangi. 2022. Programa Penyuluhan Pertanian Kecamatan Sindangwangi 2022. Kecamatan Sindangwangi.

BPS. 2022a. Kabupaten Majalengka Dalam Angka 2022. Kabupaten Majalengka (ID): Badan Pusat Statistik.

BPS. 2022b. Kecamatan Sindangwangi Dalam Angka 2022. Kabupaten Majalengka (ID): Badan Pusat Statistik.

Effendi, Hefni. 2003. Telaah kualitas air, bagi pengelolaan sumber daya dan lingkungan perairan. Kanisius.

Fahmi, Melta Rini, Saurin Hem, dan I. Wayan Subamia. 2016. “Potensi maggot untuk peningkatan pertumbuhan dan status kesehatan ikan.” Jurnal Riset Akuakultur 4(2):221–32.

Handayani, Rini. 2019. “Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Terhadap Adopsi Inovasi Pengelolaan Sampah Organik (Studi Kasus Kelurahan Cibangkong Kecamatan Batununggal Kota Bandung).” Jurnal Bisnis dan Teknologi 11(1):19–33.

Herawati, Vivi Endar, Lintang Dian Saraswati, dan Achmad Zulfa Juniarto. 2020. “Penguatan Komoditi Unggulan Masyarakat Melalui Diversifikasi Produk Olahan Ikan di Desa Asinan Kecamatan Bawen Kabupaten Semarang.” Jurnal Pasopati: Pengabdian Masyarakat dan Inovasi Pengembangan Teknologi 2(4).

Hermawan, Aan, Siti Amanah, dan Anna Fatchiya. 2017. “Partisipasi Pembudidaya Ikan dalam Kelompok Usaha Akuakultur di Kabupaten Tasikmalaya.” Jurnal Penyuluhan 13(1):1. doi: 10.25015/penyuluhan.v13i1.12903.

Irawan, Agus. 2000. Menanggulangi Hama dan Penyakit Ikan. Surakarta (ID): CV Aneka.

Ismail, B., dan Haeruddin Syarifuddin. 2021. “Tingkat pendidikan terhadap partisipasi masyarakat pada lembaga pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Batu.” PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan 9(3):149–55.

Junaid, Ilham, dan Andi Nur Fauziah. 2019. “Partisipasi Masyarakat Dalam Kegiatan Pariwisata Di Dusun Rammang-Rammang Kabupaten Maros.” Jurnal Penyuluhan 15(1).

Khumairah, Mutiari, Nuraini Asriati, dan Nur Meily Adlika. 2021. “Studi Kelayakan Obyek Wisata Pantai Tanjung Burung Sebagai Daerah Tujuan Wisata Di Kelurahan Tanjung.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 10(11).

Koniyo, Y., dan A. Lamadi. 2017. “Analisis Kualitas Perairan pada Daerah Pengangkapan Ikan Nike (Awaous melanocephalus).” Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan 5(1):1–6.

Leilani, Ani, Nayu Nurmalia, dan Muh Patekkai. 2015. “Efektivitas Penggunaan Media Penyuluhan (Kasus pada Kelompok Ranca Kembang Desa Luhur Jaya Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak Provinsi Banten).” Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan 9(1):43–54. doi: 10.33378/jppik.v9i1.79.

Masud, Faisol, Dona Wahyuning Laily, dan Makhfudhoh Makhfudhoh. 2020. “Analisis Usaha Terasi Udang Rebon (Acetes indicus) Di Kabupaten Lamongan.” Grouper: Jurnal Ilmiah Perikanan 11(2):1–6.

Ramlah, S., Hasan Eldin Adimu, Asni Asni, dan Latifa Fekri. 2022. “Pengembangan usaha perikanan tangkap skala kecil di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.” Jurnal Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan 12(1):1–10.

Rizal, Achmad. 2013. “Kinerja Sektor Perikanan Provinsi Banten.” Jurnal Akuatika 4(1).

Safrida, Safrida, T. Makmur, dan Hafid Fachri. 2015. “Peran penyuluh perikanan dalam pengembangan sektor perikanan di Kabupaten Aceh Utara.” Jurnal Agrisep 16(2):17–27.

Saputra, Putu Yogi. 2022. “Analisis Kualitas Sumber Air Pada Kegiatan Budidaya Perikanan di Desa Ringdikit [Skripsi].” Universitas Pendidikan Ganesha.

Undang-undang Nomor 16 Tahun. 2006. tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.