Hubungan Peran Penyuluh Perikanan dan Kemampuan Akses Media Informasi Pembudidaya Ikan Terhadap Perkembangan Program Minapolitan di Kecamatan Ciseeng Bogor

Ina Restuwati

Abstract

Penelitian mengenai hubungan peran penyuluh dan kemampuan mengakses media informasi pembudidaya ikan terhadap perkembangan program minapolitan di Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor dilakukan untuk menganalisis hubungan peran penyuluh dan karakteristik pembudidaya ikan dalam mengakses media informasi serta pengaruhnya terhadap perkembangan program minapolitan. Responden ditentukan secara acak sederhana (simple random sampling). Data ditabulasi dan dilakukan pengkategorian, kemudian dilakukan analisis hubungan dengan mempergunakan Uji Pearson Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pembudidaya ikan sering mengakses media dan sumber informasi. Dari analisis jejaring komunikasi pembudidaya dalam satu periode pemeliharaan menunjukkan bahwa komunikasi dengan penyuluh perikanan ratarata dua kali. Keempat peran penyuluh perikanan berkorelasi sangat kuat terhadap peningkatan jumlah produksi dan peningkatan kemampuan teknis pembudidaya ikan lele dalam mendukung perkembangan program bantuan minapolitan. Analisis uji Pearson Chi Square menunjukkan bahwa karakteristik pembudidaya dalam mengakses media dan sumber informasi berhubungan nyata. Sedangkan dari analisis karakteristik jejaring komunikasi kelompok menunjukkan bahwa peran penyuluh perikanan berkaitan erat dengan tingkat perkembangan program bantuan minapolitan di Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran penyuluh dan kemampuan pembudidaya ikan dalam mengakses informasi berpengaruh terhadap perkembangan program minapolitan di kawasan ini.

Keywords

pembudidaya; minapolitan; akses informasi; peran penyuluh

Full Text:

PDF

References

Akbar. Ali 2005. Menggunakan SPSS Bagi Peneliti Pemula. Penerbit M2S. Bandung.

Arikunto., Suharsimi. Ny. 2006. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta. Edisi Revisi, Penerbit Rineka Cipta.

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor. Buku Rencana Induk Pengembangan Kawasan Minapolitan. Bogor. 2010.

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor. Surat Keputusan Bupati Bogor tentang Pembentukan Pokja Pengembangan Kawasan Minapolitan di Kabupaten Bogor. Nomor. 523/220/Kpts/Huk/2010 Tanggal 20 April 2010. Bogor.

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor. Surat Keputusan Bupati Bogor tentang Penetapan Lokasi Pengembangan Kawasan Minapolitan di Kabupaten Bogor. Nomor. 523.31/227/Kpts/Huk/2010 Tanggal 26 April 2011. Bogor.

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor. Surat Keputusan Bupati Bogor tentang Penunjukkan Lokasi Sentra Minapolitan Minapolis di Kabupaten Bogor. Nomor. 523/197/Kpts/Per-UU/2011 Tanggal 21 April 2011. Bogor.

Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 39/MEN/2011 perubahan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 32/MEN/2010 tentang Penetapan Kawasan Minapolitan Seluruh Indonesia. http://www.kkp.go.id. Diakses pada tanggal 04 Maret 2012.

Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 12/MEN/2010 tentang Minapolitan. http://www.kkp.go.id. Diakses pada tanggal 04 Maret 2012.

Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18/MEN/2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Minapolitan. http://www.kkp.go.id. Diakses pada tanggal 04 Maret 2012

McQuail D. 1991. Teori Komunikasi Masa Suatu Pengantar. Jakarta. Erlangga.

Mardikanto. T. 1993. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Sebelas Maret. University Press. Surakarta.

Maringi. A. 2009. Pembangunan Perdesaan Berkelanjutan Melalui Pendekatan Pengembangan Kawasan Minapolitan di Kabupaten Boyolali. Tesis Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Sekretariat Jenderal. 2010. Rencana Strategis Kementerian Kelautan dan Perikanan 2010-2014. Jakarta : Sekretariat Jenderal, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Sulistiyani Ambar. T dan Rosidah. 2003. Manajemen Sumberdaya manusia. Yogyakarta. Penerbit Graha Ilmu.

Sophia. S. 1988. Informasi Hasil Penelitian yang Diperlukan oleh penyuluh Pertanian Jawa Barat. Hubungan dengan Karakteristik Penyuluh sebagai Pengguna Informasi. Tesis Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Singarimbun. M., dan S. Effendi. 1989. Metode Penelitian Survai. Jakarta. LP3ES.

Susanto-Sunario, Astrid.S. 1993. Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Sugiyono, 2004. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung.

Santoso, Singgih. 2001. SPSS Versi Mengolah Data Statistik Secara Profesional. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Umar. H. 2001. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Van Den Ban dan H.S. Hawkins. 1999. Penyuluhan Pertanian. Jogyakarta. Penerbit Kanisius.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.