Analisis Struktur Pasar pada Pemasaran Ikan Mas (Cyprinus Carpio L) di Kelompok Mina Sampan Kayu Kec. Kintamani Kab. Bangli Provinsi Bali

M Harja Supena

Abstract

Ikan Mas (Cyprinus carpio L) merupakan salah satu komoditas perikanan air tawar yang potensial di Kabupaten Bangli. Kabupaten Bangli terdiri dari atas 4 kecamatan yaitu Susut, Bangli, Tembuku, dan Kintamani. Berdasarkan potensi perikanan tersebut, tingkat produksi budidaya perikanan di Kabupaten Bangli terus meningkat yaitu mencapai 1.004,41 ton pada Tahun 2009. Dari jumlah produksi tersebut Ikan Mas memberikan kontribusi sebanyak 452,15 ton. Penelitian dilakukan di Kelompok Pembudidaya “Mina Sampan Kayu” Kabupaten Bangli sebagai pasar produsen dan Pasar Sakti Mina Kabupaten Bangli sebagai pasar konsumen. Ruang lingkup penelitian difokuskan kepada Ikan Mas (Cyprinus carpio L). Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penelitian menggunakan metode deskriftif dengan jenis penelitian studi kasus. Analisis struktur pasar Ikan Mas dilakukan dengan pendekatan Structure-Conduct- Performance. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Struktur pasar Ikan Mas di Kelompok Pembudidaya “Mina Sampan Kayu” Kabupaten Bangli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Struktur pasar Ikan Mas di Kelompok Pembudidaya “Mina Sampan Kayu” adalah pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competitive market) yang cenderung mengarah pada sistem pemasaran monopoli. Bertitik tolak dari hasil penelitian tersebut, alternative solusi perbaikan sistem pemasaran Ikan Mas yang perlu dilakukan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bangli adalah : 1). Perbaikan infrastruktur sarana transportasi, terutama perbaikan jalan yang rusak, dan 2). Melakukan penyuluhan perikanan yang lebih intensif sehingga akan muncul kelompok-kelompok pembudidaya Ikan Mas lainnya.

Keywords

ikan mas; Kelompok Mina Sampan Kayu; Pasar Sakti Mina; struktur pasar.

Full Text:

PDF

References

Anwar, A. 1995. Beberapa Proposisi Kelembagaan Agribisnis di Pedesaan. Mimbar Sosek, Institut Pertanian Bogor. (1): 58-64.

Hanafiah, A.M. dan A.M. Saefuddin. 1986. Tataniaga Hasil Perikanan. UI Press, Jakarta.

Hasibuan, N. 1993. Ekonomi Industri (Persaingan, Monopoli dan Regulasi). LP3ES, Jakarta.

Kotler. P dan G. Amstrong. 1992. Dasardasar Pemasaran (Jilid I Edisi 5). Intermedia, Jakarta.

Kotler. P dan K.L. Keller. 2006. Manajemen Pemasaran (Jilid 1 Edisi 12). Indeks, Jakarta.

Raharjo, M. 2000. Strategi Peningkatan Mutu Produk Hasil Perikanan Jurnal Agroekonomi, 67 (1) 1-11.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.