Analisis Keberadaan dan Kemanfaatan Situ di Jabodetabek

Andin H Taryoto

Abstract

Sebagai salah satu potensi wadah sumberdaya air, Situ memiliki peran penting didalam upaya pemanfaatan dan konservasi sumberdaya air. Terdapat indikasi bahwa keberadaan situ saat ini mengalami penurunan fungsi yang sangat drastis. Analisis ini kemudian ditujukan untuk melakukan pengkajian awal terhadap keberadaan dan kemanfaatan situ di wilayah Jabodetabek. Analisis dilakukan dengan telaahan dokumen dan peraturan perundangan yang berlaku. Ditemukan bahwa diperlukan upaya khusus untuk dapat merevitalisasi fungsi dan keberadaan situ dalam konteks konservasi sumberdaya air secara luas.

Keywords

situ; Jabodetabek; konservasi sumberdaya air; revitalisasi situ.

Full Text:

PDF

References

Bappeda Jawa Barat, 2004. Kebijakan Pengelolaan Sumber daya Air di SWS Ciliwung, Cisadane untuk Mengatasi Krisis Air di Jakarta. Makalah disampaikan pada Seminar Krisis Air Jakarta: Tinjauan Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu CiliwungCisadane, 29 Juni 2004 di Kantor Kementerian PPN/Bappenas. Jakarta.

Bappenas, 2006. Strategi Pengelolaan Sumber Daya Air di Pulau Jawa. Buku I. Bappenas, Jakarta.

Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Jawa Barat. 2003. Identifikasi Kondisi Situ dan Potensi Situ di Wilayah Balai PSDA Ciatarum, Bandung.

Hendrawan, Diana. 2005. Kualitas air Sungai dan Situ di DKI Jakarta. Jurnal Makara (Teknologi) vol. 9 No. 1. Universitas Indonesia. Depok.

Kementerian Lingkungan Hidup, 2007. Strategi Pelestarian Fungsi Situ di Wilayah Jabotabek. KLH. Jakarta.

Kutarga, Zumara W. dkk. 2008. Kebijakan Danau dan Waduk Ditinjau dari Aspek Tata Ruang. Jurnal Perencanaan & Pengembangan Wilayah, Vol.3, No.3, April 2008.

Maryono, Agus dan Edy Nugroho Santoso 2006. Metode Memanen dan memanfaatkan Air Hujan untuk Penyediaan Air Bersih, Mencegah Banjir dan Kekeringan. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup.

Polontalo, Sahroel, 2010. Melestarikan Fungsi Situ di Depok. http://konservasisitudepok.wordpress.com/

Ubaidillah, Rosichon dan Ibnu Maryanto (ed.). 2003. Manajemen Bioregional Jabodetabek: Profil dan Strategi Pengelolaan Situ, Rawa dan Danau. Puslit Biologi LIPI. Bogor.

Waryono, Tarsoen. 2001. Beberapa Aspek Pengelolaan dan Pengembangan Situ-situ Sebagai Wahana Rekreasi dan Sumber PAD. Diskusi Pengembangan Situ-situ di Wilayah Kota Depok. Hari Lingkungan Hidup Pemda Kota Depok 5 Juni, 2001.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.