Aspek Internal dan Eksternal Keberdayaan Kelompok Pembudidaya Ikan di Kota Tasikmalaya

Abdul Hanan ORCID
Yuke Eliyani ORCID
Decu Sumartini
Dedi Heryadi
Fauzia Rahman Mawi

Abstract

Kota Tasikmalaya merupakan salah satu sentra budidaya ikan di Provinsi Jawa Barat. Pembudidaya di Kota Tasikmalaya tergabung dalam kelompok pembudidaya yang setiap kelompok biasanya terdiri atas 15 orang anggota. Dengan adanya pandemi Covid-19, pembudidaya ikan sebagian tidak melanjutkan usaha budidaya. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan secara detail derajat keberdayaan pembudidaya ikan di Kota Tasikmalaya yang ditinjau dari aspek internal dan eksternal pembudidaya. Penelitian ini dilakukan di Kota Tasikmalaya pada Oktober-Desember 2021. Desain penelitian berupa survei dengan kuesioner terstruktur dengan skala pengukuran ordinal. Keseluruhan responden adalah 81 orang pembudidaya yang masing-masing mewakili 1 kelompok perikanan. Terdapat empat derajat keberdayaan yang diukur, yakni tingkat kesadaran dan keinginan berubah, kemampuan meningkatkan kapasitas untuk memperoleh akses, kemampuan menghadapi hambatan, kemampuan kerja sama dan solidaritas. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pembudidaya ikan memiliki derajat keberdayaan yang tinggi pada tingkat kesadaran dan keinginan berubah (power to) dan kemampuan kerja sama dan solidaritas (power with), kemudian memiliki kemampuan yang sedang dalam menghadapi hambatan (power over), namun memiliki kemampuan yang rendah dalam memperoleh akses usaha (power within) tergolong rendah.

Keywords

akses usaha; keinginan berubah; kerja sama; kesadaran; menghadapi hambatan; solidaritas

Full Text:

PDF

References

Afriyadi, Achmad Dwi. 2020. “Ekonomi Rontok Kena Dampak Corona, Bagaimana Bisnis Budi Daya Ikan?” DetikFinance. Diambil (https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5307848/ekonomi-rontok-kena-dampak-corona-bagaimana-bisnis-budi-daya-ikan).

Arie, Usni, dan Deni Dejee. 2013. Panduan Lengkap Benih Ikan Konsumsi. II.Jakarta. diedit oleh B. Prasetya, W. Jakarta: Penebar Swadaya Grup.

Budastra, I. Ketut. 2020. “Dampak Sosial Ekonomi Covid-19 Dan Program Potensial Untuk Penanganannya: Studi Kasus Di Kabupaten Lombok Barat.” Jurnal Agrimansion 21(1):48–57. doi: 10.29303/agrimansion.v21i1.321.

Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya. 2021. “Produksi dan Nilai Produksi Perikanan Budidaya Tahun 2020.” Diambil 14 Juni 2021 (https://data.tasikmalayakota.go.id/dinas-ketahanan-pangan-pertanian-dan-perikanan/produksi-dan-nilai-roduksi-perikanan-budidaya-tahun-2020/).

Hanan, Abdul. 2015. “Pengaruh Kedinamisan Suatu Kelompok Terhadap Fungsi Kelompok (Studi Kasus Pada Kelompok Perikanan di Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat).” Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan 9(1):29–42. doi: 10.33378/jppik.v9i1.56.

Hikmat, Harry. 2006. Strategi Pemberdayaan Masyarakat Humaniora. Bandung (ID): Utama Press.

Hubeis, Aida Vitayala S. 2000. Suatu Pikiran Tentang Kebijakan Pemberdayaan Kelembagaan Pelaku Utama Perikanan. Jakarta (ID): Departemen Pertanian dan Kehutanan.

Kimbal, Rahel Widiawati. 2015. Modal Sosial dan Ekonomi Industri Kecil: Sebuah Studi Kualitatif. Yogyakarta (ID): Deepublish.

Mardikanto, Totok. 2014. CSR : corporate Social Responsibility : tanggungjawab sosial korporasi. Bandung (ID): Alfabeta.

Musyarofah. 2017. “Implementasi Program Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Pola Mandiri dalam Pengentasan Kemiskinan.” Universitas Muhammadiyah Jember.

O’Sullivan, David, dan Lawrence Dooley. 2009. Applying Innovation. Sage Publication.

Page, Nanette, dan Cheryl E. Czuba. 1999. “Empowerment: What Is It?” Journal of Extension 31(5).

Rogers, Everett M. 1995. Diffusion of innovations. 4 ed. New York (US): Free Press.

Rumondang, Juliwati Batubara, dan Khairani Laila. 2022. “Dampak Covid-19 Terhadap Pembudidaya Ikan di Pantai Timur Sumatera Utara.” Hal. 115–24 in Prosiding the 4rd Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri. Vol. 2. Kota Padang (ID).

Suharto, Edi. 2006. Analisis Kebijakan Publik: Panduan praktis mengkaji masalah dan kebijakan sosial. Bandung (ID): Alfabeta.

Tubbs, Stewart L., dan Sylvia Moss. 2000. Human Communication. McGraw-Hill.

Ukkas, Imran. 2017. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Industri Kecil Kota Palopo.” Kelola: Journal of Islamic Education Management 2(2). doi: 10.24256/kelola.v2i2.440.

Wahidin, La Ode, Rudiansyah, Neksidin, dan Sri Murtini. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Perikanan Budidaya di Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan.” Jurnal Perikanan daratdan Pesisir (JPDP) 1(1):36–43.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.