Kinerja Kelembagaan Kelompok Budidaya Perikanan di Kecamatan Mamasa dan Tawalian Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat

Yustianta Datu Eang Tangdilallo
Andin H Taryoto
Agus Santoso

Abstract

Dalam Kepmen KP No. 14/2012, terdapat penjelasan terkait dengan 8 Fungsi Kelembagaan Pelaku Utama Perikanan yang diperuntukkan bagi salah satunya pembudidaya ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman dan pelaksanaan delapan fungsi kelompok oleh Kelompok Perikanan, faktor pendorong dan penghambat keterlaksanaan delapan fungsi kelompok, serta mengetahui pandangan para Penyuluh Perikanan. Penelitian menggunakan metode mix methods melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan analisis deskriptif dan skor nilai. Hasil menunjukkan pemahaman dan pelaksanaan delapan fungsi kelompok oleh kelompok perikanan sudah berjalan cukup baik, terlihat dari hanya dua kelompok yang didapati kurang sedangkan sisanya dinilai sudah cukup dan baik dalam melaksanakan kedelapan fungsi kelembagaan tersebut. Faktor pendorong diantaranya partisipasi aktif dan keinginan masyarakat untuk berkembang, adanya kerja sama dan komunikasi yang baik serta dukungan dari pemerintah. Faktor penghambat diantaranya sistem penyuluhan kurang maksimal, lembaga penyuluhan kurang berjalan optimal, serta pengetahuan dan ketrampilan masyarakat yang masih minim. Pandangan para penyuluh perikanan atas kedelapan fungsi tersebut mengarah kepada kerja sama antar tiap-tiap kelompok dan saling menguntungkan.

Keywords

budidaya perikanan; fungsi kelembagaan; kelompok perikanan; penyuluhan

Full Text:

PDF

References

Bahua, Mohamad Ikbal. 2015. Penyuluhan dan Pemberdayaan Petani Indonesia. 1 ed. Gorontalo: Idea Publishing.

Ferdiansyah, M. 2015. Dasar Penelitian Kualitatif. Bogor (ID): Herya Media.

Hermansyah. 2015. “Bentuk Partisipasi Anggota Kelompok Tani Dalam Pemberdayaan Kelompok Di Kelurahan Togo-Togo Kecamatan Batang Kabupaten Jeneponto [Skripsi].” Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hutomo, Fernaldi Shidi, Irwan Effendi, dan Erly Silviyanti. 2018. “Kepemimpinan Ketua Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Dinamika Kelompok di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.” Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis2 6(1):57–64.

Kep Men KP No. 14. 2012. Tentang Pedoman Umum Penumbuhan dan Pengembangan Pelaku Utama Perikanan.

Leilani, Ani, dan Ina Restuwati. 2016. “Partisipasi Nelayan dalam Kelompok Usaha Bersama Bidang Penangkapan Ikan (Kasus pada KUB di Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran).” Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan 10(1):60–70. doi: 10.33378/jppik.v10i1.68.

Lestari, Mugi. 2011. “Dinamika Kelompok Dan Kemandirian Anggota Kelompok Tani Dalam Berusahatani Di Kecamatan Poncowarno Kabupaten Kebumen Propinsi Jawa Tengah.” Universitas Sebelas maret.

Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung (ID): Remaja Rosdakarya.

Poluan, Juwendi .., Ventje V. Rantung, dan Charles R. Ngangi. 2017. “Dinamika Kelompok Tani Maesaan Waya di Desa Manembo, Kecamatan Langowan Selatan.” AGRI-SOSIOEKONOMI 13(1A):217. doi: 10.35791/agrsosek.13.1A.2017.15637.

Pranowo, Widodo S., Candra D. Puspita, Rikha Bramawanto, Rizky A. Adi, dan Anastasia R. T. D. Kusumawardani. 2014. “Dinamika arus dalam mendukung perikanan budidaya laut di Teluk Bone.” Jurnal Harpodon Borneo 7(2).

Prasetyati, Sukma Budi, Nur Baety Alifiani, Lenny S. Syafei, dan Sobariah Sobariah. 2019. “Potensi Usaha Perikanan di Desa Kecamatan Bantargadung Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat.” Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan 13(1):1–10. doi: 10.33378/jppik.v13i1.120.

Primadani, Akhmad Bhakti. 2017. “Pengaruh Faktor-Faktor Pendorong Motivasi Belajar Terhadap Minat Wirausaha Di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang [Skripsi].” Universitas Negeri Semarang.

Rahman, Mijani, Herliwati, dan Ardiansyah. 2021. “Dinamika Kualitas Air Perikanan Budidaya Karamba Pada Beberapa Sungai Di Kalimantan Selatan.” in Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah. Banjarmasin (ID).

Rahmawati. 2017. “Analisis Kinerja Penyuluh Perikanan pada Dinas Perikanan Kabupaten Nunukan [Tesis].” Universitas Terbuka.

Rakhmanda, Andhika, Suadi, dan Supardjo Supardi Djasmani. 2018. “Peran Kelompok Nelayan dalam Pekembangan Perikanan di Pantai Sadeng Kabupaten Gunung Kidul.” Sodality Jurnal Sosiologi Pedesaan 6(2):94–104.

Sadimin, Imam. 2017. “Peranan Penyuluh Pertanian Terhadap Usaha Tani Padi Di Kelurahan Bontomanai Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng [Skripsi].” Universitas Muhammadiyah Makassar.

Suryana, Asep Agus Handaka, Akhmad Fauzi, Bambang Juanda, dan Ernan Rustiadi. 2014. “Dinamika Interspatial Total Factor Produktivity Usaha Perikanan Budidaya Air Tawar Dan Implikasinya Terhadap Perekonomian Wilayah Jawa Barat.” Sosiohumaniora 16(1):116. doi: 10.24198/sosiohumaniora.v16i1.5688.

Ulandari, Desy, Iman Surya, dan Budiman. 2019. “Peran Dinas Perikanan, Ketahanan Pangan, Dan Pertanian Dalam Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Di Kota Bontang.” e-Journal Ilmu Pemerintahan 7(1):323–36.

Zain, Muhammad Adnan, dan Erma Agusliani. 2020. “Strategi Peningkatan PengelolaanUsaha Budidaya Ikan Pelaku Utama di Kolam Rawa Melalui Peran Kelompok Perikanan Baruh Makmur.” in Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah. Banjarmasin (ID).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.