Pendampingan Penggunaan Maggot pada Pembudidaya Ikan Koi di Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat

Nayu Nurmalia ORCID
Agitsni Maulida Ulfah
Alvi Nur Yudistira ORCID
Toni Ruchimat
Dadang Sukmawan

Abstract

Peningkatan biaya produksi akibat dari harga pakan yang semakin mahal berimbas pada keuntungan yang semakin kecil. Untuk mengurangi biaya produksi pembudidaya ikan dikenalkan dengan penggunaan maggot sebagai pakan ikan alternatif. Tujuan penelitian adalah menganalisis perubahan pengetahuan, sikap, dan keterampilan pembudidaya ikan koi setelah pendampingan penggunaan maggot dalam budidaya ikan koi. Penelitian dilaksanakan pada Maret-Juni 2021 di Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat melibatkan 11 orang anggota di kelompok Rizki Barokah. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimental, menggunakan one-group, pre-test – post-test design. Perlakuan yang diberikan adalah kegiatan penyuluhan. Pre-test dan post-test dilakukan pada aspek pengetahuan, sikap, dan ketrampilan pembudidaya ikan. Hasil penelitian memperlihatkan kegiatan penyuluhan perikanan yang dilakukan, mampu meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan pembudidaya ikan. Pengetahuan pembudidaya meningkat secara signifikan. Terjadi perubahan sikap pembudidaya yang terlihat pada peningkatan sikap pada garis kontinum. Keterampilan pembudidaya juga mengalami peningkatan, dari sebelumnya terdapat pembudidaya yang kurang terampil, dan belum ada yang sangat terampil, menjadi tidak ada yang kurang terampil, dan terdapat pembudidaya yang sangat terampil.

Keywords

BSF; keterampilan; pakan alternatif; pengetahuan; sikap

Full Text:

PDF

References

Arifin, Moh. Zainal, Agus Widodo, Anna Fauziah, Asep Akmal Aonullah, dan Atika Marisa Halim. 2020. “Pengaruh Substitusi Tepung Maggot (Hermetia illucens) Terhadap Pertumbuhan dan Status Kesehatan Ikan (Oreochromis niloticus).” Chanos Chanos 18(2):83.

Corbetta, Piergiorgio. 2003. Social Research Theory, Methods and Techniques. diedit oleh B. Patrick. London (GB): Sage Publication.

Fahmi, Melta Rini. 2015. “Optimalisasi proses biokonversi dengan menggunakan mini-larva Hermetia illucens untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan.” Hal. 139–44 in Pros Sem Nas Biodiv Indon. Vol. 1. Masyarakat Biodiversitas Indonesia.

Iskandar, Keke Arnesia, dan Arief Syah Safrianto. 2020. “Pengaruh Keterampilan Wirausaha dan Pengalaman Usaha Terhadap Keberhasilan Kewirausahaan.” Jurnal Ekonomi dan Industri 21(1):14–20.

Istinganah, Nur Fajar, dan Widiyanto. 2020. “Pengaruh Modal Usaha, Tingkat Pendidikan, dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Perkembangan UKM.” Economic Education Analysis Journal 9(2):388–455.

Maryani, Maryani, Ida Ratnasari, dan Nursiah Nursiah. 2019. “Peningkatan Keterampilan Pembudidaya Ikan Melalui Pelatihan Pembuatan Pakan Herbal Untuk Kelompok Pembudidaya Ikan di Kelurahan Pahandut Seberang, Palangkaraya.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 4(2):153–62.

Pati, Denisius Umbu. 2018. “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Produksi Budidaya Ikan di Kelurahan Lambanapu Kecamatan Kambera Kabupaten Sumba Timur.” Akrab Juara 3(2):94–103.

Prajayati, Vini Taru Febriani, Otie Dylan Subhakti Hasan, dan Mugi Mulyono. 2020. “Maggot Flour Performance in Increases Formula Feed Efficiency and Growth of Nirwana Race Tilapia (Oreochromis sp.).” Jurnal Perikanan Universitas Gadjah Mada 22(1):27.

Rogers, Everett M., dan F. Shoemaker. 1983. Diffusion of innovation: a cross-cultural approach. 3rd Editio. New York: The Free Press.

Saputra, Faris Ahmad. 2016. “Efektivitas Media Video Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Perubahan Sikap Dalam Penyuluhan Perikanan Budidaya [Skripsi].” Institut Pertanian Bogor.

Satoto, Imam, Ren Fitriadi, Mustika Palupi, dan Muh. Sulaiman Dadiono. 2021. “Pembuatan Pakan Ikan Lele di Kelompok Pembudidaya Ikan Mina Semboja, Desa Pasinggangan.” Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat 4(2):227–31.

Sepang, Daniella A., Joppy D. Mudeng, Revol D. Monijung, Hariyani Sambali, dan Jeffrie F. Mokolensang. 2020. “Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis niloticus) yang diberikan pakan kombinasi pelet dan maggot (Hermetia illucens) kering dengan presentasi berbeda.” e-Journal BUDIDAYA PERAIRAN 9(1).

Tjiptoherijanto, Prijono. 2001. “Proyeksi Penduduk, Angkatan Kerja, Tenaga Kerja, dan Peran Serikat Pekerja dalam Peningkatan Kesejahteraan.” Majalah Perencanaan Pembangunan edisi 23, 1–10.

Wahyuni, Sri, Ari Pradhanawati, dan Wahyu Hidayat. 2015. “Pengaruh Tingkat Pengalaman Berwirausaha, Produktivitas dan Inovasi Terhadap Pengembangan Usaha Kulit Lumpia ( Studi Kasus Pada UMKM Kulit Lumpia di Kelurahan Kranggan Kota Semarang).” JIAB Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 4(1):263–74.

Wibowo, Dwi Nugroho, Dian Bhagawati, Ani Widyastuti, Erie Kolya Nasution, Kusbiyanto Kusbiyanto, Indarmawan Indarmawan, dan Siti Rukayah. 2021. “Peningkatan keterampilan kelompok pembudidaya ikan Desa Karangnangka Kabupaten Banyumas melalui pemanfaatan limbah sayuran sebagai suplemen pelet ikan.” Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 17(2):245–55.

Zubair, Muh., Anis Faozia, Khairil Anwar, M. Dony Islahul Hayyi, Muhammad Yunani, dan Nabila Reza Kharista. 2021. “Efektivitas Program Penyuluhan Perikanan Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pembudidayaan Ikan Air Tawar di Desa Pringgabaya.” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 3(2):77–83.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.