Laju Pertumbuhan Rumput Laut Gracillaria sp. pada Kedalaman dan Jarak Tanam Berbeda di Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang

Sopiyan Danapraja
Iis Jubaedah
Pigoselpi Anas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui laju pertumbuhan Gracilaria sp. pada kedalaman dan jarak tanam yang berbeda. Perlakuan yang diberikan adalah kedalaman (permukaan, 30 dan 60 cm dari permukaan) dan jarak tanam (20, 25 dan 30 cm) dengan tiga kali ulangan menggunakan metode budidaya lepas dasar.  Hipotesa yang diajukan “Diduga, kedalaman dan jarak tanam memberikan pengaruh berbeda terhadap laju pertumbuhan rumput laut Gracilaria sp. yang dibudidayakan di tambak dengan metode lepas dasar. Laju pertumbuhan tanaman uji dianalisa menggunakan persamaan pertumbuhan eksposional (Ricker, 1975). Model Klasifikasi Dua Arah dengan Anak Contoh (Boer, 1989) digunakan untuk menguji hipotesis.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa laju pertumbuhan Gracilaria sp. yang ditanam di permukaan dengan jarak tanam yang sama mempunyai rata-rata laju pertumbuhan lebih tinggi dari yang ditanam di kedalaman 30 dan 60 cm, dan rata-rata laju pertumbuhan yang dibedakan atas jarak tanam (20, 25 dan 30 cm) pada kedalaman dipermukaan menunjukkan jarak tanam 30 cm mempunyai laju pertumbuhan tertinggi. Berdasarkan hasil Analisis Sidik Ragam maupun uji Duncan memperlihatkan bahwa perbedaan kedalaman berpengaruh nyata, sedangkan perbedaan jarak tanam tidak berpengaruh nyata terhadap laju pertumbuhan.

Keywords

laju pertumbuhan; Gracilaria sp.; kedalaman; jarak tanam

Full Text:

PDF

References

Atmaja, W.S., 1979. Mengenal jenis-jenis Rumput Laut Budidaya, Pewarta Oceana, Vol 5. Jakarta

Aggadiredja, Jana T., dkk, 2006. Rumput laut. Seri Agribisnis. Pembudidayaan, Pengolahan dan Pemasaran komoditas Perikanan Potensial. Penebar Swadaya. Jakarta.

Zatnika, A., 2000. Perkembangan Industri Rumput Laut Indonesia, Forum Rumput Laut Nasional. Jakarta

Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), 2010. Kelayakan Usaha Budidaya Rumput Laut. Seri Paket Analisa Usaha Budidaya Perikanan. Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Pesisir. Jakarta.

Nybaken, J.W. 1992. Biologi Laut: Suatu Pendekatan Ekologis. Gramedia . Jakarta.

Ricker, W.E., 1975. Computation and Interpretationof Biological Staistics of Fish Populations. Bull. Fish. Res. Can.

Soegiarto, dkk, 1978. Rumput Laut (Algae): manfaat, potensi, dan Usaha Budidayanya, LON-LIPI. Jakarta.

Steel RGD and Torrie JH, 1993. Prinsip dan prosedur statistik. Suatu Pendekatan biometrik. Terjemahan. Edisi Kedua. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.