Ketertarikan Masyarakat Perikanan Memanfaatkan Media Daring Menghadapi Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang

Pigoselpi Anas
Ani Lutfiyanah

Abstract

Pemasaran daring memberikan dampak memperluas jangkauan pemasaran dan dilakukan melalui media daring. Pemasaran daring merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan usaha di tengah pandemi Covid-19, memperbanyak kemungkinan untuk menjangkau konsumen yang berada di tempat lain. Kondisi terkini masyarakat pengolah ikan belum dapat memanfaatkan media sosial untuk pemasaran daring sehingga pendapatan menurun terutama dalam kondisi seperti sekarang ini. Program pemasaran menggunakan internet melalui pemanfaatan media sosial dan peningkatan mutu kemasan produk bertujuan untuk meningkatkan nilai harga jual produk dan memperluas jaringan pemasaran sehingga diharapkan pendapatan juga meningkat. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 08 Maret hingga 05 Juni 2021 dengan sasaran Poklahsar Citra Mandiri dan beberapa masyarakat pengolah ikan di Kelurahan Petarukan, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang. Penelitian bertujuan untuk menganalisis dampak ketertarikan masyarakat perikanan memanfaatkan media daring untuk memasarkan produk olahan perikanan guna meningkatkan pendapatan. Hasil penelitian terkait pemasaran daring melalui program peningkatan mutu kemasan produk olahan bandeng presto yaitu adanya ketertarikan masyarakat pengolah yang kini sudah beralih menggunakan kemasan plastik berlabel dan kemasan box yang lebih menarik dan kuat. Dampak dari program perbaikan mutu kemasan produk adalah nilai harga jual produk bandeng presto meningkat sebesar 25% untuk kemasan plastik berlabel dan 108% untuk kemasan boks di mana harga produk bandeng presto untuk kemasan plastik berlabel menjadi Rp. 15.000,- dan kemasan boks menjadi Rp. 25.000,-. Sedangkan untuk program pemanfaatan media sosial kini kelompok sudah dapat mengaplikasikan akun WhatsApp, Facebook, Instagram, dan Shopee untuk pemasaran daring. Dampak dari program pemanfaatan media sosial yaitu ketertarikan masyarakat pengolah untuk memperluas jangkauan pemasarannya melalui akun-akun media sosial dapat meningkatkan pendapatan sebesar 73,81% per produksi.

Keywords

covid-19; kemasan produk; pemasaran daring; peningkatan pendapatan

Full Text:

PDF

References

Abdullah, Sukmawati, L. Daud, Bunyamin, and Rahayu Endah Purwanti. 2020. “Pengembangan Dan Pemasaran Online Produk Aneka Olahan Ikan Sebagai Sumber Pendapatan Alternatif Wanita Nelayan Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Purirano Kota Kendari.†Pp. 1309–18 in Conference On Innovation of Science Technology.

Asad, Andi, Ridjal Nur, Andi Rifqah, and Purnama Alam. 2019. “Pengaruh Kemasan Produk Susu Bear Brand Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Oze Power Switch Di Makassar.†Movere Journal 1(2):111–20.

BPS. 2015. “Produksi Ikan Darat per Kecamatan Di Kabupaten Pemalang Tahun 2013-2015.â€

BPS. 2016. “Produksi Perikanan Budidaya Menurut Kabupaten/Kota Dan Subsektor Di Provinsi Jawa Tengah.†Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah.

Cherstiawan, Alvin. 2019. “Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, Dan Promosi Dalam Keputusan Pembelian Di Tokopedia Pada Mahasiswa Universitas Kristen Krida Wacana.†Ilmiah Manajemen Bisnis 19(2):1–18.

Dahlan, Abdul Choliq. 2012. “Kajian Undang-Undang Otonomi Daerah Terhadap Persoalan Batas Wilayah.†Jurnal Hukum 28(2):981–97. doi: 10.26532.

Damayanti, Fera, and Khairunnisa. 2018. “Pengolahan Bisnis Catering Ummi Nisa Medan Berbasis Web.†Jurnal Sistem Informasi 2(1):63–71.

Fadly, Hawangga Dhiyaul, and Sutama. 2020. “Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19.†Jurnal Ecoment Global 5(2):213–22.

Herydiansyah, Gumar, Mister Candera, and Reza Pahlevi. 2019. “Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Dan Pajak Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Desa Tebedak II Kecamatan Payaraman Ogan Ilir.†Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2):84–89.

Isamu, Imelda, Idrus Salam, Lukman Yunus, Program Studi, Magister Agribisnis, Universitas Halu, Dosen Tetap, Fakultas Pertanian, and Universitas Halu. 2018. “Analisis Kelayakan Usaha Budidaya Udang Vaname Pola Tradisional Plus Di Kecamatan Samaturu Kabupaten Kolaka.†Jurnal Sosio Agribisnis 3(1):41–48.

Kadek, Ni, Ayu Trisnadewi, Ni Wayan, and Novi Budiasni. 2021. “Analisis Dividen Payout Ratio Dengan Pendekatan Current Ratio ( CR ), Debt To Equity Ratio ( DER ), Return On Investment ( ROI ) Pada Perusahaan BUMN Tahun 2015-2020.†Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis 6(1):96–102.

Kosasi, Sandy. 2016. “Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Online Untuk Memperluas Segmentasi Pasar Properti.†Jurnal VOI 5(2):31–42.

Lidyasuwanti, Adiahsari, Handayani Rinuastuti, and Lalu M. Furkan. 2017. “Pengaruh Kemasan, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Pancake Durian Sharie Radjanya Di Kota Mataram.†Pp. 1–17 in Jurnal Magister Manajemen.

Luh Sri Kumbadewi, I Wayan Suwendra, Gede Putu Agus Jana Susila. 2016. “Pengaruh Umur, Pengalaman Kerja, Upah, Teknologi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan.†Jurnal Manajemen 4(3):1–11. doi: 10.1093/neuonc/now081.50.

Mahyuddin K. 2010. Panduan Lengkap Agribisnis Lele. Depok: PT. Penebar Swadaya.

Mandala, Ardy, and Edy Raharja. 2012. “Peran Pendidikan, Pengalaman, Dan Inovasi Terhadap Produktivitas Usaha Kecil Dan Menengah.†Journal of Management 1(1):1–11.

Mukhtar, Sukrianti, and Muhammad Nurif. 2015. “Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen.†Jurnal Sosial Humaniora 8(2):181–91. doi: 10.12962/j24433527.v8i2.1251.

Nasarudin, Indo Yama. 2013. “Analisis Kelayakan Ekonomi Dan Keuangan Usaha Ikan Lele Asap Di Pekanbaru.†Jurnal Etikonomi 12(2):165–78. doi: 10.15408/etk.v12i2.1915.

Noviyanti, R. 2017. “Peran Penyuluh Bagi Nelayan Di Kelurahan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi.†Berkala Perikanan Terubuk 45(2):96–102.

Nugrahani, Rahina. 2015. “Peran Desain Grafis Pada Label Dan Kemasan Produk Makanan UMKM.†Jurnal Imajinasi 9(2):127–36.

Pinem, Mbina. 2016. “Pengaruh Pendidikan Dan Status Sosial Ekonomi Kepala Keluarga Bagi Kesehatan Lingkungan Masyarakat.†JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA) 4(1):97–106.

Raruan, G. M., S. P. Pangemanan, J. K. Kalangi, and I. D. R. Lumenta. 2021. “Analisis Pendapatan Peternak Babi Di Kecamatan Suluun Tareran Kabupaten Minahasa Selatan.†Jurnal Emba 9(2):1109–16.

Tenriware. 2016. “Penilaian Mutu Organoleptik Hasil Olahan Ikan Berbagai Jenis Abon Ikan (Assesment Of Organoleptic Quality Of Various Types Of Shredded Fish).†Jurnal Agrokompleks 16(1):38–41.

Vijayanti, Made Dwi, and I. Gusti Wayan Murjana Yasa. 2016. “Pengaruh Lama Usaha Dan Modal Terhadap Pendapatan Dan Efisiensi Usaha Pedagang Sembako Di Pasar Kumbasari.†Jurnal Ekonomi Pembangunan 5(12):1539–66.

Wirapraja, Alexander, and Handy Aribowo. 2018. “Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Solusi Inovasi Dalam Menjaga Sustainability Bisnis.†Teknika 7(1):66–72. doi: 10.34148/teknika.v7i1.86.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.