Analisis Permasalahan Usaha Perikanan di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat

Egi Dita Aprilia
Nia Nurfitriana
Tatty Yuniarti - ORCID ORCID

Abstract

Kecamatan Cibinong sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bogor yang memiliki sektor perikanan yang cukup baik, dengan total produksi ikan hias sebesar 25.688 ton dan ikan konsumsi sebesar 1.461 ton. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi wilayah potensi perikanan, dan menganalisis permasalahan pada sistem produksi, sistem bisnis dan sistem penyuluhan perikanan di Kecamatan Cibinong. Metode yang digunakan berupa penelusuran data skunder dan Participatory Rural Appraisal (PRA) dengan penentuan jumlah responden menggunakan perhitungan slovin. Hasil Penelitian ini berupa perbandingan analisis usaha per segmen perikanan yang terdiri dari Total Biaya Produksi, Pendapatan, Keuntungan, Revenue Cost (R/C), Break Event Point (BEP), Return of Invesment (ROI), dan Payback Periode (PP) serta analisis permasalahan melalui pohon masalah. Segmen-segmen yang terdapat di Kecamatan Cibinong yaitu Segmen pembenihan dan pembesaran ikan konsumsi (lele, nila, dan gurame), budidaya ikan hias (neon tetra dan koki), dan pengolahan hasil perikanan (Kaki naga, abon ikan, pempek, dan krispi kulit ikan) dengan rataan biaya produksi dan kelayakan usaha tertinggi dari keempat segmen perikanan yaitu, terdapat pada pembudidaya ikan hias untuk 3 RTP, Total biaya produksi: RP.1.629.082,-; Pendapatan: Rp. 3.183.333,-; Keuntungan: Rp. 1.553.916 BEP: 563.100; BEP Unit: 356 ekor; PP: 3; R/C: 1,8; ROI: 27,3%. Pendapatan dan keuntungan terendah terdapat pada segmen pengolahan yang mengolah abon ikan atas nama Titin Z. Permasalahan perikanan yang dapat disimpulkan terdiri dari budidaya perikanan yang memiliki produktivitas rendah, kualitas produk olahan hasil perikanan masih kurang memadai, pendapatan pelaku usaha yang masih belum maksimal, dan dinamika kelompok usaha yang belum dapat berjalan maksimal. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan menyusun rencana kerja programa penyuluhan yang akan dilaksanakan.

Keywords

analisis usaha; metode penyuluhan; permasalahan perikanan

Full Text:

PDF

References

Apriliani, Tenny, Tikkyrino Kurniawan, dan Hikmah Hikmah. 2017. “Identifikasi Permasalahan Dan Peluang Perbaikan Pengembangan Kawasan Minapolitan Di Kabupaten Gowa.” Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan 6(2):115.

Choeronawati, Anggih Isti, dan Nur Rochman. 2021. “Strategi Penyuluhan Kelautan dan Perikanan Dalam Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Purworejo.” Abdi Insani 7(3):247–55.

Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor. 2019. Buku Data Perikanan 2019.

Hanan, Abdul. 2015. “Pengaruh Kedinamisan Suatu Kelompokerhadap Fungsi Kelompok ( Studi Kasus Pada Kelompok Perikanan di Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat ).” 9(1):29–42.

Harmono. 2015. Manajemen Keuangan. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Huwoyon, Gleni Hasan, dan Rudhy Gustiano. 2013. “PENINGKATAN PRODUKTIVITAS BUDIDAYA IKAN DI LAHAN GAMBUT Gleni Hasan Huwoyon dan Rudhy Gustiano.” Media Akuakultur 8(1):13.

Junita, Ita, Puspa Dewi, Tatty Yuniarti, dan Jasmine Addinda Putri. 2020. “Penerapan Cppb Pada Kelompok Pengolah dan Pemasaran Hasil Perikanan Pandawa Opat di Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka.” Hal. 132–41 in Prosiding Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan ke VI, Banjar baru, 17 November 2021, Fakultas Perikanan Universitas Lambung Mangkurat.

Kustiari, Tanti, Sumardjo Sumardjo, Margono Slamet, dan Prabowo Tjitropranoto. 2017. “Pengaruh Efektivitas Penyuluhan Terhadap Kompetensi Pembudidaya Rumput Laut Polikultur Di Perairan Pantai Utara Pulau Jawa.” Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan 7(1):79.

Madrin Takbir, Budiyanto, Roslinda Daeng Siang. 2017. “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usaha budidaya bandeng di kecamatan laeya kabupaten konawe selatan.” Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan 2(3):189–200.

Muhammad Ramadhan, Victor, dan Agus Trilaksana. 2019. “Perkembangan Perikanan dari Budidaya Tradisional ke Budidaya Modern di Kabupaten Sampang Tahun 2003-2017.” AVATARA e-Journal Pendidikan Sejarah 7(2).

Mustaqim, Nurhadi Ali, dan Yenni Nuraini. 2019. “Kegiatan Penyuluhan Perikanan Di Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon.” Buletin Jalanidhitah Sarva Jivitam 1(1):37–43.

Nurfitriana, Nia, Nunung Sabariah, dan Deni Aulia. 2020. “Penyuluhan Perikanan Budidaya (Dasar-Dasar Penyuluh Perikanan Budidaya).” (ID): Amafrad Press.

Purnomo, Wahyono, Ani Leilani, dan Nia Nurfitriana. 2018. “Penyuluhan Perikanan. 1st ed.” (ID): Amafrad Press.

Putri, Jasmine Addinda, Tatty Yuniarti, Ita Junita, dan Puspa Dewi. 2019. “Analisis Permasalahan Perikanan : Strategi Penyuluhan Perikanan di Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka.” Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan 13(2):149–68.

Safrida, T. Makmur, dan Hafid Fachri. 2015. “Peran Penyuluh Perikanan Dalam Pengembangan Sektor Perikanan Di Kabupaten Aceh Utara.” Agrisep 16(2):17–27.

Untajana, Hanok. 2011. “Pengembangan Dinamika Kelompok Tani Melalui Kerjasama.” Agricola 1(1):8–17.

Yuniarti, Tatty, Shanti Dwita Lestari, Medal Lintas Perceka, Yudi Prasetyo Handoko, Heny Budi Purnamasari, Sonny Kristianto, Sri Novalina A, Nurbety Tarigan, Sherly Ridhowati, Rufnia Ayu Afifah, Adham Prayudi, dan Mirna Zena Tuarita. 2021. Pengetahuan bahan baku perikanan. 1 ed. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Zidhane, Mauliddyane, Tatty Yuniarti, dan Nayu Nurmalia. 2020. “Profil Sumber Daya Perikanan di Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Provinsi Jawa Tengah.” Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan 14(1):73–92.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.