Penyuluhan Pelestarian Mangrove Pada Kelompok Masyarakat Pengawas Pulau Lakkang Di Kecamatan Tallo Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan

Muhammad Yusril Aditya Mas’ud
Asep Akhmad Subagio
Iis Jubaedah ORCID

Abstract

Kecamatan Tallo merupakan salah satu kecamatan di Kota Makassar yang memiliki ekosistem mangrove di Pulau Lakkang. Hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem di wilayah pesisir yang mempunyai nilai ekonomi dan ekologi yang tinggi. Kondisinya saat ini mengalami kerusakan akibat pemanfaatannya yang kurang memperhatikan kelestariannya. Kegiatan penelitian ini telah dilakukan pada Bulan Maret sampai dengan Mei 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari perubahan pengetahuan, keterampilan dan sikap pada kelompok masyarakat pengawas (POKMASWAS) dalam melestarikan ekosistem mangrove. Penyuluhan dilakukan menggunakan metode demonstrasi cara, diskusi dan praktik. Sasaran penyuluhan sebanyak 12 orang. Materi penyuluhan adalah cara pembibitan dan penanaman mangrove dan budidaya perikanan yang ramah lingkungan. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil evaluasi penyuluhan menunjukkan adanya peningkatan pada aspek pengetahuan pelestarian mangrove dan budidaya ikan yang ramah lingkungan (33%), aspek keterampilan pembibitan dan penanaman mangrove (28%) dan sikap sasaran sebelumnya hanya setuju setelah penyuluhan menjadi sangat setuju (18%). 

Keywords

Kecamatan Tallo; lestari; mangrove; penyuluhan

Full Text:

PDF

References

Adriman, Muhammad Fauzi, Nur El Fajri, Eko Purwanto, dan Eko Prianto. 2020. “Penyuluhan Konservasi Hutan Mangrove di Desa Mengkapan Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak.†Journal of Rural and Urban Community Empowerment 2(1 SE-):42–49.

Bengen, Dietriech Geoffrey. 2000. Pedoman Teknis Pengenalan dan Pengelolaan Ekosistem Mangrove. Bogor (ID): Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan IPB.

Bengen, Dietriech Geoffrey. 2001. Sinopsis Ekosistem Sumberdaya Alam Pesisir dan Laut. Bogor (ID): Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan IPB.

Dahuri, Rokhmin, Jacub Rais, Sapta Putra Ginting, dan M. J. Sitepu. 1996. Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. Jakarta (ID): Pradnya Paramita.

Efendi, Marwan, dan Miranti Yudhati. 2017. “Pengaruh Ekspektasi Laba terhadap Minat Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Angkatan 2013 STIE MBI Jakarta).†Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik 7(2):42–64.

Ghufron, M., dan K. Kordi. 2012. Ekosistem Mangrove: Potensi, Fungsi, dan Pengelolaan. Jakarta (ID): Rineka Cipta.

Hermawan, Aan. 2017. “Kapasitas dan Kinerja Pengelolaan Usaha Akuakultur Anggota Kelompok Pembudidaya Ikan di Kabupaten Tasikmalaya.†Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan 11(3):160–76.

Hiariey, Lilian Sarah, dan Meitha Monita Kaihatu. 2012. Teknik Pembibitan Mangrove (Rhizophora Mucronata dan Sonneratia Alba) di Perairan Desa Passo Kecamatan Teluk Ambon Dalam. Ambon (ID).

Kusumawardani, Erika. 2012. “Pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan, sikap dan praktik ibu dalam pencegahan demam berdarah dengue pada anak [Skripsi].†Universitas Diponegoro.

Mardikanto, Totok. 2011. Metoda penelitian dan evaluasi pemberdayaan masyarakat : untuk akademisi, praktisi dam peminat pemberdayaan masyarakat. Surakarta (ID): Program Pascasarjana UNS.

Mas’ud, Muhammad Yusril Aditya. 2019. “Identifikasi Potensi dan Permasalahan Perikanan di Kecamatan Tallo Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.â€

Mulyadi, Edi, Rudi Laksmono, dan Dewi Aprianti. 2009. “Fungsi Mangrove sebagai Pengendali Pencemar Logam Berat.†Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan 1.

Mustanir, Ahmad, Hariyanti Hamid, dan Rifni Nikmat Syarifuddin. 2019. “Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Desa Dalam Perencanaan Metode Partisipatif.†Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan 5(3).

Nurjaman, Agung, Sobariah, dan Lilis Supenti. 2018. “Pendampingan Kelompok Usaha Pengolahan Ikan Asin di Desa Pangandaran Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat.†Hal. 945 in Seminar Nasional Perikanan dan Penyuluhan 2018. Bogor (ID): Masyarakat Iktiologi Indonesia.

Nybakken, J. W. 1997. Marine Biology. Jakarta (ID): Gramedia.

Odum, Eugene P. 1994. Dasar-dasar Ekologi. Yogyakarta (ID): UGM Press.

Pawestri, Elma. 2018. “Partisipasi Masyarakat dalam Pelestarian Hutan Mangrove di Desa Segarajaya. Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten bekasi [Skripsi].†Universitas Negeri Jakarta.

Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 4 Tahun. 2015. Tentang RTRW Kota Makassar Tahun 2015-2034.

Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun. 2007. tentang Konservasi Sumber Daya Ikan.

Priyono, Aris. 2010. “Panduan Praktis Teknik Rehabilitasi Mangrove di Kawasan Pesisir Indonesia.â€

Raymond, Graziano, N. Harahap, dan Soemarno. 2010. “Pengelolaan Hutan Mangrove Berbasis Masyarakat di Kecamatan Gending, Probolinggo.†Agritek 18(2).

Sambu, Abdul Haris. 2013. “Optimasi Pengelolaan Tambak Wanamina (Silvofishery) di Kawasan Pesisir Kabupaten Sinjai [Tesis].†Institut Pertanian Bogor.

Supriharyono. 2000. Pelestarian dan Pengelolaan Sumberdaya Alam di Wilayah Pesisir Tropis. Jakarta (ID): Gramedia Pustaka Utama.

Undang-Undang Nomor 31 Tahun. 2004. Tentang Perikanan.

Undang-Undang Nomor 45 Tahun. 2009. tentang Perikanan.

Wardani, dan Oeng Anwarudin. 2018. “Peran Penyuluh Terhadap Penguatan Kelompok Tani dan Regenerasi Petani di Kabupaten Bogor Jawa Barat.†Jurnal TABARO Agriculture Science 2(1):191–200.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.