Penguatan Kapasitas Pembudidaya Ikan Binaan BBI Majenang Melalui Pelatihan Pemijahan Induksi pada Ikan Nilem

Dian Bhagawati - ORCID
Farida Nur Rachmawati
Suhestri Suryaningsih
Siti Rukayah
Diana Retna Utarini Suci Rahayu
Agus Nuryanto

Abstract

Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) binaan Balai Benih Ikan (BBI) Majenang Kabupaten Cilacap, belum memiliki pengetahuan dan keterampilan pembenihan ikan dengan teknik pijah induksi, sehingga perlu dilatih agar mampu mengelola pembenihannya secara optimal. Penguatan kapasitas individu dan kelompok dapat dikembangkan dengan penerapan strategi yang tepat dan terencana. Salah satu konsep yang dapat diterapkan adalah penyuluhan yang dikemas dalam bentuk pelatihan. Terkait dengan hal itu, telah dilakukan pelatihan terhadap Pokdakan binaan BBI Majengan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam pembenihan ikan nilem (Osteochilus hasselti Valencienes, 1842) dengan pemijahan induksi. Metode yang digunakan adalah partisipatif, yang meliputi tahapan persiapan, pelaksanaan pelatihan, evaluasi, dan pendampingan. Kegiatan berlangsung pada periode Maret-Juni 2021. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa anggota Pokdakan mampu mengelola dan melakukan pembenihan ikan nilem dengan pijah induksi menggunakan wadah serbaguna. Keberhasilan dalam memproduksi benih ikan nilem tersebut mengindikasikan telah terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan, yang sekaligus juga menunjukkan telah terjadi penguatan kapasitas individu serta kelompok.

Keywords

pembenihan; penguatan kapasitas; penyuluhan

Full Text:

PDF

References

Asnuddin, Andi. 2010. “Pendekatan Partisipatif dalam Pembangunan Proyek Infrastruktur Perdesaan di Indonesia.†Jurnal SMARTek 8(3).

Bhagawati, Dian, Agus Nuryanto, Diana Retna Utarini Suci Rahayu, dan Farida Nur Rachmawati. n.d. “Pertumbuhan dan Lulus Hidup Larva Ikan nilem yang Diberi Pakan Awal Infusoria.†in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek (SNPBS) Ke-VI. Surakarta (ID): UMS.

Bhagawati, Dian, Agus Nuryanto, dan Aswi Andriasari Rofiqoh. 2020. “Efektivitas Ketinggian Air Media Dalam Wadah Sederhana Terhadap Inkubasi Telur Ikan Nilem.†in Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya. Makassar (ID): Jurusan Biologi FMIPA UNM.

Bhagawati, Dian, Agus Nuryanto, Aswi Andriasari Rofiqoh, dan Sukirno. 2020. “Inovasi Pembenihan Ikan Pada Lahan Terbatas dengan Optimalisasi Reproduksi dan Wadah Budidaya.†in Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan X. Purwokerto (ID): LPPM Press.

Bhagawati, Dian, Agus Nuryanto, Aswi Andriasari Rofiqoh, dan Sukirno. 2021. “Optimalisasi Wadah Budidaya Untuk Pembenihan Ikan Skala Rumah Tangga Pada Lahan Terbatas Di Kelurahan Sumampir Kabupaten Banyumas.†Jurnal Panrita Abdi 5(3).

Duan, Yanqing, Wanyan Nie, dan Elayne Coakes. 2010. “Identifying key factors affecting transnational knowledge transfer.†Information & Management 47(7–8):356–63.

Horton, Douglas, Anastasia Alexaki, Samual Bennett-Lartey, Kim Noële Brice, Dindo Campilan, Fred Carden, José de Souza Silva, Le Thanh Duong, Ibrahim Khadar, Albina Maestrey Boza, Imrul Kayes Muniruzzaman, Jocelyn Perez, Matilde Somarriba Chang, Ronnie Vernooy, dan Jamie Watts. 2003. Evaluating Capacity Development: Experiences From Reasearch and Development Organization Araound the World.

Leavitt, Harorld J. 2002. Psikologi Manajemen. diedit oleh M. Zakari. Jakarta (ID): Erlangga.

Lie, Anita. 2004. 101 Cara Menumbuhkan Percaya Diri Anak (Usia Balita Sampai Remaja). Jakarta (ID): Elex Media Komputindo.

Likert, R. 1932. “A technique for the measurement of attitudes.†Archives of Psychology 22 140:55.

Linnell, Deborah. 2003. Evaluation of Capacity Building: Lessons from The Field. Washington DC (US): Alliance for Nonprofit Management.

Mardikanto, Totok. 1993. Sistem Penyuluhan Pertanian. Surakarta (ID): UNS Press.

Mardikanto, Totok, dan Poerwoko Soebiato. 2012. Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung (ID): Alfabeta.

Miles, Matthew B., dan A. Michael Huberman. 1992. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. diedit oleh T. R. Rohidi. Jakarta (ID): Penerbit Universitas Indonesia.

Peraturan Bupati Cilacap Nomor 22 Tahun. 2018. Tentang Pembentukan, Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 35 tahun. 2016. Tentang Cara Pembenihan Ikan Yang Baik.

Rogers, Everett M., dan F. Shoemaker. 1983. Diffusion of innovation: a cross-cultural approach. 3rd Editio. New York: The Free Press.

Rogers, Everett M., dan Floyd Shoemaker. 1987. Memasyarakatkan ide-ide baru.(disarikan oleh Abdillah Hanafi). Surabaya (ID): Usaha Nasional.

Rosiah, Erlin, dan O. D. Soebhakti Hasan. 2018. “Analisis Penyuluhan Perikanan Partisipatif dan Kompetensi Pembudidaya Ikan di Kabupaten Sumedang.†Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan 12(1):47–63.

Undang-undang Nomor 16 Tahun. 2006. tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan.

Wan, Jiangping, Qingjing Liu, Dejie Li, dan Hongbo Xu. 2010. “Research on Knowledge Transfer Influencing Factors in Software Process Improvement.†Journal of Software Engineering and Applications 03(02):134–40.

Wijaya, Ida Suryani. 2015. “Perencanaan dan strategi komunikasi dalam kegiatan pembangunan.†Lentera 17(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.