Ujicoba Pengembangan Budidaya Rumput Laut (Gelidium amansii ) dengan Metode Vertikal Longline

Gusti Aries
Iis Jubaedah

Abstract

Rumput laut merupakan bahan baku bubur kertas (pulp) untuk pembuatan kertas. Jenis rumput laut yang dapat dijadikan bahan baku kertas adalah rumput laut yang mempunyai serat (fiber). Salah satu jenis rumput laut yang mempunyai serat tinggi dan baik adalah jenis Gelidium amansii. Rumput laut Gelidium amansii berasal dari perairan Negara Korea Selatan, yang diintroduksi ke perairan Indonesia untuk dikembangkan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melakukan uji pengembangan rumput laut Gelidium amansii dengan menggunakan metode apung sistem longline vertikal agar dibudidayakan di perairan Indonesia. Pertambahan bobot yang tinggi terjadi pada minggu ke-4 pengamatan yaitu antara 1 – 2 gram per titik sedangkan panjang thallus mencapai 7 – 9 cm. Ujicoba ini menggunakan metode apung sistem longline yang dimodifikasi yang dilakukan di perairan pantai selatan Pulau Lombok yaitu perairan Gerupuk Kecamatan Pujut Lombok Tengah Provinsi NTB. Kegiatan ini dilakukan pada bulan Agustus 2010 sampai dengan bulan Oktober 2010.

Keywords

uji coba; rumput Laut; Gelidium amansii; longline vertikal; Pertumbuhan

Full Text:

PDF

References

Gerung, G.S. Hack Churl You. 2009. On the some species of Red Algae (Rhodophyta) From Indonesia: Producing Pulp and Bio-Ethanol. Paper.

Rusman, 2009. Laporan Introduksi dan Perkembangan Rumput Laut Gelidium amansii. Laporan. Lombok.

Rusman, 2008. Petunjuk Teknis Budidaya rumput Laut. Balai Budidaya Laut Lombok. Departemen Kelautan dan Perikanan. Buku. Lombok.

Rusman, 2007. Laporan Survay Lokasi untuk Budidaya Rumput Laut. Balai Budidaya Laut Lombok. Departemen Kelautan dan Perikanan. Laporan Lombok

Rusman, Grevo Gerung dan Bambang, 2010. Domestikasi Rumput Laut Gelidium amansii. Makalah. Lombok

You, H. C. dan Grevo Gerung. 2007. Pulp dan Paper, Made from Red Algae. Pegasus Int. Paper. Korea Selatan.

www.beritanindonesia.com., 2009. Penyebab Kerusakan Hutan di Indonesia. 2009.

www.kompas.com., 2009. Luas Hutan di Indonesia. 2009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.