Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Pengakuan Terhadap Keberadaan dan Fungsi Pemimpin Opini (Kasus Pada Pembudidaya Ikan Kolam Jaring Apung (KJA) di Blok Coklat Waduk Cirata Cianjur Jawa Barat)

Abdul Hanan

Abstract

Kredibiltas, daya tarik dan kemampuan seseorang merupakan karakteristik yang berhubungan dengan diakuinya seseorang sebagai sumber pendapat disuatu masyarakat. Seringnya seseorang dijadikan sumber pendapat baik pada satu aspek atau beberapa aspek inilah yang memunculkan adanya pemuka pendapat (Pemimpin Opini) pada suatu komunitas masyarakat. Diakuinya seseorang sebagai Pemimpin Opini pada bidang perikanan karena fungsi yang dijalankannya antara lain: (1) membantu pelaku utama perikanan dalam mencapai tujuan usahanya; (2) memperlancar komunikasi antar pelaku utama perikanan; (3) meningkatkan motivasi dalam berusaha; (4) membantu memperlancar fasilitas usaha; (5) membantu memecahkan masalah yang dihadapi pelaku utama. Hasil penelitian yang dilakukan di Blok Coklat Waduk Cirata terhadap komunitas pembudidaya ikan di Kolam Jaring Apung (KJA) dengan metode Sosiometri dari 8 (delapan) orang yang merupakan sumber pendapat usaha buddaya ikan KJA, ada 2 (dua) yang merupakan paling banyak dan paling sering dimintai pendapat oleh para pembudidaya ikan KJA untuk menjalankan usahanya. Berdasarkan hasil analisis korelasi Rank Spearmant bahwa terdapat hubungan yang erat dan sangat erat diakuinya seseorang sebagai pemimpin Opini dengan fungsi Pemimpin Opini.

Keywords

pemimpin opini; kredibilitas; daya tarik; kemampuan; pengakuan

Full Text:

PDF

References

Agresti dan Finaly, 1999. Statistik Methods for Social Sciences. Third Edition. Texas A&M University.

Arikunto, 1989. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. PT.Bina Akasara Jakarta. Black, J,A dan D.J. Champion, 1982. Metode dan Masalah Penelitian Sosial. Ersesco Bandung

Effendi. S. 1989. Prinsip-Prinsip Pengukuran dan Penyusunan Skala. LP3ES. Jakarta.

Kerlinger, F.N., 2002. Asas-asas Penelitian Behavioral. Diterjemahkan landing R. Simatupang. Yogyakarta: Gajah mada University Press.

Lionberger, H.F., & P.H. Gwin, 1982. Communication Strategies : a Guide for Agricultural Change Agents, Danville, Illiois: The Interstate Printers & Publishers, Inc.

Mardikanto T. 1991. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Sebelas Maret University Press

Lionberger, H.F., & P.H. Gwin, 1982. Communication Strategies : a Guide for Agricultural Change Agents, Danville, Illiois: The Interstate Printers & Publishers, Inc.

Rogers, E.M. & FF Shoemaker, 1987. Memasyarakatkan Ide – ide baru. Disarikan oleh Abdillah hanafi. Surabaya : Usaha Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.