Analisis Kaizen dalam Meningkatan Produktivitas Penjualan Lobster Hidup (Panulirus Spp) di PT. Aruna Jaya Nuswantara Jakarta

Nanda Anggiani Putri - ORCID ORCID
Aef Permadi

Abstract

Pemasaran mempunyai peran penting dalam pengembangan usaha perikanan. Di era yang serba digital banyak anak muda Indonesia yang tertarik membuat startup digital (Sociopreneurship) yang memanfaatkan teknologi sebagai platform telah dimanfaaatkan PT. Aruna Jaya Nuswantara untuk mengembangkan produk digital E-Commerce. Lobster yang dipasarkan dari beberapa Mini Plant PT. Aruna Indonesia, diantaranya yaitu Mini Plant Sorong, Berau, Kota baru, Balikpapan dan Kendari. Dari kelima Mini Plant tersebut, Mini Plant Kota Baru, Kalimantan Selatan merupakan Mini Plant yang paling produktif mengirimkan lobster terutama pada saat COVID-19. Tujuan penelitian yaitu untuk mempelajari, mengidentifikasi tahapan masalah dan menganalisa penyelesaian masalah penjualan lobster (Panulirus spp), dari Mini Plant Kota Baru di PT Aruna Jaya Nuswantara. Metode yang digunakan pada teknik permasalahan yaitu menentukan Key Performance Indicator, Fishbone Diagram, Analisa Root Cause dan Rencana Penerapan Intervensi. Total penjualan lobster (Panulirus spp), tingkat produktivitas dari lobster hidup sudah baik yakni diatas nilai 1 yang artinya jika kurang dari 1 adanya mengalami kerugian, Namun perlu adanya peningkatan untuk mencapai Key Performance Indicator yang telah ditetapkan, maka dari itu perlu di analisis intervensinya.

Keywords

lobster, kota baru, mini plant

Full Text:

PDF

References

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Asri, Rulan Sari. 2001. “Sistem Pengendalian Mutu Penanganan Lobster (Panulirus Sp) Hidup Untuk Tujuan Eskspor.â€

Berka, R. 1986. The Transport of Live Fish. A Review.

Febrianti Lely. 2000. “Lobster Karang.Pdf.â€

Firmansyah, Ahmad. 2018. “Kajian Kendala Implementasi E-Commerce Di Indonesia.†Masyarakat Telematika Dan Informasi : Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi 8(2):127. doi: 10.17933/mti.v8i2.107.

Hardi, Soelaiman, Budiyanto, and Roslindah Daeng Siang. 2017. “Analisis Keuntungan Dan Strategi Pengembangan Usaha Lobster (Panulirus Spp. ) Pada CV. Sea Queen Kota Kendari.†Jurnal Bisnis Perikanan 4(1):37–48.

Haris, R. F., and A. S. Pramudita. 2018. “Analisis Pencapaian Key Performance Indicator Dalam Upaya Perbaikan Kualitas Pelayanan Dengan Pendekatan Difotai (Studi ….†Jurnal Logistik Bisnis 10(2):37–49.

Indriyani, Mareta, and Wiwik Budiawan. 2018. “Analisis Penyebab Terjadi Overstock Pada Pt. Hitachi Construction Machinery Indonesia.†Industrial Engineering Online Journal 6(4).

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. Northwestern: Northwestern University.

Medah, Melgiana. 2016. “E-Commerce Sebagai Pendukung Pemasaran Perusahaan.†2:32–42.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. 2016. “Peraturan Menteri Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 56/Permen-KP/2016 Tentang Larangan Penangkapan Dan/Atau Pengeluaran Lobster (Panulirus Spp.), Kepiting (Scylla Spp.), Dan Rajungan (Portunus Spp.) Dari Wilayah Negara Republik Indonesia.†Kkp Ri 1–8.

Suryaningrum, Theresia Dwi, Diah Ikasari, and Syamdidi Syamdidi. 2008. “Pengaruh Kepadatan Dan Durasi Dalam Kondisi Transportasi Sistem Kering Terhadap Kelulusan Hidup Lobster Air Tawar (Cherax Quadricarinatus).†Jurnal Pascapanen Dan Bioteknologi Kelautan Dan Perikanan 3(2):171. doi: 10.15578/jpbkp.v3i2.22.

Suryaningrum, Theresia Dwi, Syamdidi Syamdidi, and Diah Ikasari. 2007. “Teknologi Penanganan Dan Transportasi Lobster Air Tawar.†Squalen Bulletin of Marine and Fisheries Postharvest and Biotechnology 2(2):37. doi: 10.15578/squalen.v2i2.135.

Syarifuddin dan Lisa Yani. 2014. “Analisis Produktivitas Perusahaan Pada UD . Karya Jaya.†Optimasi Sistem Industri 3(2):22–27.

University, Telkom. 2019. “Gambaran Tentang Difusi Inovasi Pada Sistem Perdagangan Hasil Laut Rajungan Oleh PT. Aruna Jaya Nuswantara Di Desa Tanjung Batu Kab. Berau.†2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.