Adopsi Inovasi Probiotik pada Kolam Dempond Pendederan Ikan Mas (Cyprinus carpio) di Kelompok “Mina Pojok Jaya” Kecamatan Subang

Nursahla Nursahla
Tatty Yuniarti
Herry Maryuto
Dedi Sutarso

Abstract

Budidaya ikan mas merupakan salah satu kegiatan unggulan perikanan di Kecamatan Subang. Produksi budidaya tersebut dapat ditingkatkan dengan menggunakan probiotik. Penyuluhan merupakan cara dalam rangka untuk menginformasikan teknologi baru seperti probiotik sehingga sasaran dapat mengadopsi teknologi baru tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Melakukan penyuluhan dan mengevaluasi kemampuan adopsi inovasi teknologi probiotik pada pendederan ikan mas, (2) membandingkan tingkat produksi pendederan ikan mas menggunakan probiotik dan pendederan ikan mas tanpa menggunakan probiotik. Penelitian adopsi inovasi ini dilakukan di Kecamatan Subang, kelurahan Sukamelang dengan jumlah responden sebanyak 10 orang yang ada di Kelompok Mina Pojok Jaya. Penelitian adopsi inovasi ini menggunakan perlakuan probiotik atau suplemen, yaitu probiotik viterna plus yang diaplikasikan di dalam pakan untuk diberikan pada ikan mas sebagai suplemen penambah nafsu makan ikan sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ikan mas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan adopsi inovasi ini dapat meningkatkan produksi pembudidaya dengan jumlah tebar yang sama yaitu 1.000.000 ekor larva memiliki jumlah produksi yang berbeda yaitu yang menggunakan probiotik yaitu menghasilkan produksi sebanyak 2.000 kg sedangkan yang tidak menggunakan probiotik produksi yang dihasilkan hanya 1.500 kg. Terdapat 40% dari jumlah sasaran yang sudah mulai menerapkan inovasi yang telah diberikan pada minggu terakhir kegiatan dempond dilakukan.

Keywords

adopsi; inovasi; pendederan; ikan mas; probiotik; produksi

Full Text:

PDF

References

Amalia, Rosa dan Endang Arini. 2013. “Pengaruh penggunaan papain terhadap tingkat pemanfaatan protein pakan dan pertumbuhan lele dumbo (Clarias gariepinus).” Journal of Aquaculture Management and Technology 2(1):136–43.

Aprilyanti, Selvia. 2017. “Pengaruh Usia dan Masa Kerja Terhadap Produktivitas Kerja (Studi Kasus: PT. OASIS Water International Cabang Palembang).” Jurnal Sistem dan Manajemen Industri 1(2):68.

Basahudin, Moch Syambas dan Usni Arie. 2014. Pembesaran Lele Secara Cepat, Panen 50 Hari. Penebar Swadaya Grup, 2014. Jakarta (ID): Penebar Swadaya.

Boonthai, T., V. Vuthiphandchai, dan S. Nimrat. 2011. “Probiotic bacteria effects on growth and bacterial composition of black tiger shrimp (Penaeus monodon).” Aquaculture Nutrition 17(6):634–44.

Burhansyah, Rusli. 2014. “Faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi inovasi pertanian pada gapoktan puap dan non puap di Kalimantan Barat (Studi Kasus: Kabupaten Pontianak dan Landak).” Informatika Pertanian 23(1):65–74.

Darseno, S. P. 2010. Buku pintar budi daya dan bisnis lele. Jakarta (ID): AgroMedia.

Fadhilah, Muhammad Luthfie, Bambang Trisetyo Eddy, dan Siwi Gayatri. 2018. “Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Penerapam Agribisnis Terhadap Produksi Pada Petani Padi di Kecamatan Cimangga Kabupaten Cilacap.” Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian 2(1):39.

Fatimah, Endah Nur dan Mada Sari. 2015. Kiat Sukses Budidaya Ikan Lele. Depok (ID): Bibit Publisher.

Hanan, Abdul. 2017. “Difusi Adopsi Teknologi Pendederan Ikan Patin pada Kelompok Pembudidaya Ikan di Kabupaten Purwakarta.” Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan 11(1):1–11.

Handoko, T. Hani. 2014. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta (ID): BPFE.

Irianto, Agus. 2003. Probiotik Akuakultur. Yogyakarta (ID): Gadjah Mada University Press.

Iribarren, Diego, Paula Dagá, María Teresa Moreira, dan Gumersindo Feijoo. 2012. “Potential environmental effects of probiotics used in aquaculture.” Aquaculture International 20(4):779–89.

Kusumadjaja, Aline Puspita dan Rita Puspa Dewi. 2005. “Determination of Optimum Condition of Papain Enzyme From Papaya Var Java (Carica papaya ).” Indonesian Journal of Chemistry 5(2):147–51.

Kusumawardani, Erika. 2012. “Pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan, sikap dan praktik ibu dalam pencegahan demam berdarah dengue pada anak [Skripsi].” Universitas Diponegoro.

Mansyur, Abdul dan Abdul Malik Tangko. 2008. “Probiotik: pemanfaatannya untuk pakan ikan berkualitas rendah.” Media Akuakultur 3(2):145–49.

Putri, Fadhilah Silviana, Zahidah Hasan, dan Kiki Haetami. 2012. “Pengaruh Pemberian Bakteri Probiotik Pada Pelet Yang Mengandung Kaliandra (calliandracalothyrsus) Terhadap Pertumbuhan Benihikan Nila (Oreochromis Niloticus).” Jurnal Perikanan Kelautan 3(4):283–91.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.