Persepsi Perangkat Kecamatan dan Perangkat Desa terhadap Keberadaan Waduk : Kasus Waduk Jatigede Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat

Nayu Nurmalia ORCID
Tuti Susilawati

Abstract

Waduk Jatigede yang berada di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, merupakan waduk terbesar kedua di Indonesia setelah Waduk Ir. H. Juanda (Waduk Jatiluhur). Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi persepsi perangkat desa dan kecamatan terhadap keberadaan waduk dan mengidentifikasi harapan masyarakat terhadap keberadaan waduk Jatigede. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 26 orang. Responden merupakan perangkat kecamatan dan perangkat desa bekerja di wilayah Waduk Jatigede yang kecamatan dan desanya terkena dampak pembangunan Waduk Jatigede. Selain banyaknya manfaat, menurut para perangkat tersebut pembangunan waduk Jatigede juga memiliki dampak yang tidak diinginkan terhadap kehidupan masyarakat. Sejumlah permasalahan timbul dengan adanya pembangunan Waduk Jatigede, yaitu masalah ganti rugi, masalah pekerjaan baru bagi OTD, kesiapan OTD untuk dapat menerima pekerjaan yang baru, serta permasalahan ekonomi produktif masyarakat yang telah dilakukan pemerintah.

Keywords

dampak; perangkat desa/kecamatan; persepsi; Waduk Jatigede

Full Text:

PDF

References

Asiyanto. 2011. Metode Konstruksi Bendungan. Jakarta (ID): Penerbit Universitas Indonesia.

Hafizianor. 2009. “Persepsi dan Partisipasi Masyarakat Sekitar DAS terhadap Terjadinya Banjir di Kabupaten Tanah Laut.” Jurnal Hutan Tropis Borneo 10(27).

Harliani, Fanni. 2014. “Persepsi Masyarakat Kampung Cieunteung, Kabupaten Bandung tentang Rencana Relokasi Akibat Bencana Banjir.” Journal of Regional and City Planning 25(1):39–58.

Heriyanto. 2014. “Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Gunungkidul DIY [Skripsi].” Universitas Negeri Yogyakarta.

Purnama, Yuzar. 2015. “Dampak Pembangunan Waduk Jatigede Terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakatnya.” Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah dan Budaya 7(1):131.

Puspitawati, H. dan T. Herawati. 2013. Metode penelitian keluarga. Bogor (ID): IPB Press.

Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung (ID): Remaja Rosdakarya.

Rostiyati, Ani. 2014. “Upacara Tradisional pada Masyarakat Tradisional Jatigede Kabupaten Sumedang. Bandung.” Hal. 28–57 in Bunga Rampai Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Sumedang, diedit oleh M. Muhsin dan B. Rudito. Bandung (ID): Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Balai Pelestarian Nilai Budaya Bandung.

Saifuddin, Azwar. 2007. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta (ID): Pustaka Pelajar.

Schermerhorn, John R., J. G. Hunt, dan R. N. Osborn. 2010. Organizational Behavior. John Wiley & Sons.

Simanjuntak, Dicky Fransisco dan Masmian Mahida. 2015. “Dampak Kebijakan dalam Pembangunan Waduk Jatigede.” Jurnal Sosial Ekonomi Pekerjaan Umum 7(3):161–71.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung (ID): Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.