Faktor Penentu Keberhasilan Pemberdayaan Generasi Muda Pesisir

Azam Bachur Zaidy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor penentu yang mempengaruhi keberhasilan pemberdayaan generasi muda pesisir. Dalam penelitian digunakan metode survey terhadap peserta program regenerasi nelayan di 7 kabupaten pesisir. Parameter yang diukur adalah keragaan peserta, kinerja usaha, kinerja BLM, kinerja pendampingan, kinerja mengatasi masalah dan kinerja kepeloporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komponen yang paling berpengaruh terhadap parameter keragaan peserta adalah pekerjaan awal peserta, parameter kinerja usaha adalah komponen pembangian tugas dalam kelompok, parameter kinerja BLM adalah komponen jumlah modal awal, parameter kinerja pendampingan adalah komponen status pendamping, parameter kinerja keberlanjutan usaha adalah komponen tingkat keuntungan, parameter kinerja mengatasi masalah adalah komponen kendala teknis dan parameter kinerja kepeloporan adalah komponen pemasaran hasil produksi.

Keywords

pemberdayaan; generasi muda; pesisir

References

Payne, M. (1997). Modern social work theory. Second edition. London. Macmillan Press Ltd.

Rothman, J and J, E. Tropman (1987). Models community organization and macro practice perspectives. Their mixing and phasing dalam cox, Fred M; John L. Erlich, et al (eds). Strategies of community organization. fourth edition. Illinois: F.E. Peacock Publishers.

Shadlow, S. (1998). Value, ethics and social work dalam Adams, Robert, Lena Domenelli dan Malcolm Payne (eds). Social work themes issue and critical debate. London: MacMillan Press

Refbacks

  • There are currently no refbacks.