Analisis Permasalahan Usaha Garam Rakyat di Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan

Al Farisi Aminuloh
Lilis Supenti
Kamsiah Kamsiah

Abstract

Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan mengenai (1) karakteristik dan potensi usaha garam (2) sistem produksi tambak garam (3) sistem usaha tambak garam (4) sistem sosial dan penyuluhan tambak garam. Penelitian dilakukan di Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan, pada bulan November 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kecamatan Kwanyar memiliki ketersediaan air laut sebagai bahan baku pembuatan garam sepanjang tahun sehingga berpotensi dalam usaha tambak garam rakyat; (2) di Kecamatan Kwanyar memiliki permasalahan sistem produksi yaitu kegiatan dipengaruhi oleh musim, usaha tambak garam konvensional hanya dilakukan ketika musim kemarau (3) sistem usaha perikanan di Kecamatan Kwanyar masih belum memiliki lembaga permodalan dan pemasaran yang dapat membantu proses pembangunan skala usaha tambak garam; (4) Belum terdapatnya penyuluhan dan sosialisasi inovasi di bidang usaha garam di Kecamatan Kwayar Kabupaten Bangkalan. Kecamatan Kwanyar memiliki potensi kelautan dalam usaha produksi garam dan permasalahan yang harus segera diselesaikan.

Keywords

Kata kunci : Garam rakyat; usaha; produksi; potensi dan permasalahan

Full Text:

PDF

References

Amanah, Siti. 2003. “Metode PRA dan RRA.†in Prossiding Pelatihan untuk pelatih Pengelolaan Wilayah Pesisir Terpadu. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Chamber, Robert dan Gordon R. Conway. 1992. “Sustainable Livelihood: Practical Concept For The 21 st Century.â€

Diskominfo Kabupaten Bangkalan. 2017. “Statistik Daerah Bangkalan 2017.â€

Hartoko, Agus, Prijadi Soedarsono, dan Ayuningtyas Indrawati. 2013. “Analisis Klorofil-α, Nitrat dan Fosfat pada Vegetasi Mangrove Berdasarkan Data Lapangan dan Data Satelit Geoeye di Pulau Parang, Kepulauan Karimunjawa.†Journal of Management of Aquatic Resources 2(2):28–37.

Herho, Sandy H. S., Gisma A. Firdaus, dan Plato M. Siregar. 2017. “Pengaruh Aspek Meteorologi Terhadap Produksi Garam Air Payau Di Desa Losarang, Kabupaten Indramayu.†in SEMIRATA MIPAnet. Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Heriansyah dan Fathuddin. 2014. “Analisis Tataniaga Garam dalam Pengembangan Usaha Garam Rakyat di Kabupaten Pangkep.†Jurnal Balik Diwa 5(2):1–9.

Kurniawan, Tikkyrino dan Achmad Azizi. 2012. “Dampak Perubahan Iklim Terhadap Petani Tambak Garam di Kabupaten Sampang dan Sumenep.†Jurnal Masyarakat & Budaya, 14(3):499–518.

Purbani, Dini. 2015. “Proses Pembentukan Kristalisasi Garam, Pusat Riset Wilayah Laut dan Sumberdaya Nonhayati.â€

Pusdatin KKP. 2017. “Kelautan dan Perikanan Dalam Angka Tahun 2012-2016: Produksi Garam Rakyat.†Diambil (http://statistik.kkp.go.id/sidatik-dev/2.php?x=4).

Rahardi, F. 2013. Agribisnis Perikanan (edisi revisi). Jakarta (ID): Penebar Swadaya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung (ID): Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.