Kajian Budidaya Ikan Nilem (Osteochilus Hasselti) dalam Upaya Konservasi Sumberdaya Ikan (Studi di Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat)

Iis Jubaedah
Aan Hermawan

Abstract

Kajian tentang budidaya ikan nilem telah dilakukan pada bulan Juni sampai dengan Agustus 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui present status dan teknologi pembenihan ikan nilem (Osteochilus hasselti) di Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat. Penelitian dilakukan dengan melakukan pengamatan (observasi) dan wawancara pada aspek budidaya ikan nilem di BPBI Singaparna dan pembudidaya ikan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pengamatan dan observasi lapangan, Kabupaten Tasikmalaya memiliki potensi yang cukup besar dalam pengembangan budidaya ikan nilem. Luas areal budidaya ikan nilem 111,61 Ha atau 37,22 % ; Persentase nilai produksi ikan nilem pada tahun 2008 sebesar 42,13 % dari total produksi pembenihan ikan air tawar atau sejumlah 679.119.578 ekor; dan sebesar 37,62% dari total produksi pembesaran ikan air tawar atau sejumlah 6.910 ton. Teknologi budidaya khususnya pembenihan ikan nilem sudah berkembang baik dan diaplikasikan oleh pembudidaya. Pembenihan dilakukan secara semi intensif, pada kolam semi permanen dengan menerapkan seleksi induk sedangkan dalam kegiatan pendederan dilakukan secara polikultur pada kolam tanah. Kegiatan konservasi yang dilakukan adalah konservasi ex-situ, yang mencakup pemeliharaan populasi dalam bentuk wadah berupa kolam dan bak, dan konservasi in-situ dengan melakukan restocking di perairan umum. Intensifnya kegiatan budidaya ikan nilem, baik yang dilakukan oleh Balai Benih maupun pembudidaya turut mendukung kemantapan populasi ikan nilem.

Full Text:

PDF

References

Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tasikmalaya. 2008. Data Produksi Perikanan Budidaya Kabupaten Tasikmalaya. Provinsi Jawa Barat. Bandung, Jawa Barat.

Hadie W, L. Pouyaud and Lies E.Hadie. 2000. Strategi Konservasi Melalui Pendekatan Analisi mt-DNA: Kasus Pada Ikan Lele (Clarias batracus) di Pulau Jawa. Prosiding Seminar Nasional Keanekaragaman Hayati Ikan.

Hardjamulia A. 1979. Budidaya Perikanan, Budidaya Ikan Mas (Cyprinus carpio), Ikan Tawes (Puntius javannicus), Ikan Nilem (Osteochilus hasselti). Sekolah Ilmu Perikanan. SUPM Bogor. Badan Pendidikan, Latihan dan Penyuluhan Pertanian. Departemen Pertanian.

Djajasewaka H dan Reza S. 2006. Peningkatan Produksi dan Kualitas Telur Melalui Perbaikan Pakan Induk Ikan Nilem (Osteochilus hasselti). Balai Riset Perikanan Budidaya. Bogor.

Komisi Nasional Plasma Nutfah. 2002. Pedoman Pengelolaan Plasma Nutfah. Deptan. Badan Litbang Pertanian.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 tahun 2007 tentang Konservasi Sumber Daya Ikan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.