Komunikasi Penyuluhan pada Pengelolaan Sumberdaya Perikanan Berbasis Kearifan Lokal

Garudhea Asmara Rona Ranum

Abstract

Pengembangan masyarakat melalui upaya pemberdayaan nilai-nilai kearifan lokal dewasa ini mengalami kemerosotan karena pengaruh globalisasi dan otonomi daerah. Selain itu, terjadi diskomunikasi antara Penyuluh dengan masyarakat menyebabkan penerapan metode penyuluhan di daerah sering tidak efektif. Pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan penyuluhan dilakukan untuk mengembangkan pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan. Pada dasarnya aktivitas ini adalah proses mentransformasi sumber daya alam yang ada di masyarakat sebagai salah satu upaya juga dalam menanggulangi kemiskinan secara mandiri di wilayah tersebut dengan memanfaatkan nilai-nilai kearifan lokal yang seharusnya dapat menjadi tulang punggung kesuksesan pelaksanaan kegiatan pemberdayaan melalui penyuluhan di daerah. Tujuan penulisan ini adalah mengkaji strategi komunikasi merupakan paduan dari perencanaan komunikasi dan manajemen komunikasi untuk mencapai suatu tujuan penyuluhan.

Keywords

kearifan lokal; kelautan dan perikanan; komunikasi; penyuluhan

Full Text:

PDF

References

Alus C. 2014. Peran Lembaga Adat Dalam Pelestarian Kearifan Lokal Suku Sahu di Desa Balisoan Kecamatan Sahu Kabupaten Halmahera Barat. Journal “Acta Diurna” 3(4).

Aly B, 2010, Komunikasi Politik sebagai Penjuru Penyelesaian Konflik dan Mengoptimalkan Sinergitas Hubungan Pusat dan Daerah. Gramedia. Jakarta

Arifin, A. 2003. Komunikasi Politik: Paradigma, Teori, Aplikasi, Strategi dan Komunikasi

Ariyanto, Imran Rachman, Bau Toknok. 2014. Pemerintahan Daerah Berbasis Penge-lolaan Hutan Di Desa Rano Kecamatan Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala. Warta Rimba : 2(2): 84-91.

Aulia TO dan Dharmawan AH. 2011. Kearifan lokal dalam pengelolaan sumber daya air di Kampung Kuta. Jurnal Transdisiplin Sosio-logi Komunikasi, dan Ekologi Manusia. 4(3):347.

Basri, H. 2016. Kearifan Lokal Bisa Menyejukkan Lampung (Perspektif Komunikasi Lintas Budaya). Jurnal Ilmu Komunikasi 7(1): 63-70.

Chaliluddin. 2015. Adopsi Teknologi Dalam Pemanfaatan Sumberdaya Ikan Yang Berkelanjutan Berbasis Kearifan Lokal Dan Pengembangannya Di Kabupaten Aceh Jaya. [Jurnal]

Darmastuti, R dkk. (2012). Literasi Media dan Kearifan Lokal: Konsep dan Aplikasi.

Fitryarini, I., Rina Juwita, Purwaningsih. 2014. Model Literasi Media Berbasis Kearifan Lokal pada Suku Dayak Tunjung dan Dayak Benuaq di Kutai Barat. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 17(3).

Hubeis, AVS, Dkk. 2015. Kearifan Lokal. Kearifan Masyarakat Lokal Dalam Komunikasi Inovasi. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Ihsan, F. 2013. Pemanfaatan Kearifan Lokal Dalam Komunikasi Pemerintahan Di Daerah. [Jurnal]

Kamaruzzaman. 2016. Penerapan Metode Komunikasi Oleh Penyuluh Pertanian Pada Kelompok Tani Gemah Rifah IDesa Jamur Labu Kecamatan Rantau Aceh Tamiang. Jurnal Simbolika 2(2)

Kusumadinata A. 2015. Peran Komu-nikasi Dalam Menjaga Kearifan Lokal (Studi Kasus Sasi Di Desa Ohoider Tawun, Kabupaten Maluku Tenggara). Jurnal Sosial Humaniora 6(1).

Kuwati, MM, Mangimbulude JC. 2014. Konservasi Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus: Sasi Di Kabupaten Raja Ampat). [Prosiding Seminar Nasional Raja Ampat Waisai – 12 – 13 Agustus 2014 “Raja Ampat And Future Of Humanity (As A World Heritage)]

Liliweri, A. 2005. Prasangka dan konflik (komunikasi lintas budaya dan masyarakat multikultural). LkiS. Yogyakarta.

Nefri, R. 2017. Peranan Komunikasi Melalui Penyuluhan Terhadap Kemampuan Masyarakat Dalam Penanggulangan Penyakit Tuberkulosis Di Kecamatan Medan Maimun. Jurnal Interaksi 1(2): 184-193.

Rahardjo, T. 2012. Literasi Media dan Kearifan Lokal. Yogyakarta: Buku Litera.

Riswandi. 2013. Psikologi Komunikasi. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Saam Z dan R Arlizon. 2011. Kearifan lokal dalam budaya pekandangan di Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Ilmu Lingkungan. 5(1).

Sarmiati. 2012. Strategi Komunikasi Berbasis Kearifan Lokal dalam Penanggulangan Kemiskinan. Jurnal Ilmu Komunikasi. 10 (1): 28-39.

Setyaningsih R. 2017. Model Literasi Media Berbasis Kearifan Lokal Pada Masyarakat Kampung Dongkelan Kauman Daerah Istimewa Yogyakarta. Komuniti. 9(2).

Sofyaun A. 2012. Analisis Kelem-bagaan Sasi Dalam Pengelolaan Perikanan Tangkap Di Keca-matan Seram Timur. Bogor: Institut Pertanian Bogor

Soyomukti N. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. Ar-Ruzz Media: Yogyakarta.

Suhana. 2008. Pengakuan Keberadaan Kearifan lokal Lubuk Larangan Indarung Kabupaten Kuantan Singingi Propinsi Riau dalam Pengelolaan Perlindungan Lingkungan Hidup. [Artikel Publikasi COMMIT (Center for Ocean development and Maritim Sivilization studies) tanggal 24 Juli 2008]

Sularso. 2016. Revitalisasi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Dasar.Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 2(1).

Wardhani AC. 2005. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Komunikasi Penyuluhan Pertanian. Dirjen Dikti SK No. 56/DIKTI/Kep/2005.

Wardhani AC. 2015. Komunikasi Politik Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Watie EDS. 2015. Membaca Kearifan Lokal Dalam Penggunaan Media Sosial. Jurnal Transformatika. 13(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.